SAH! PKB Resmi Terima Kerja Sama dengan NasDem Duetkan Anies-Muhaimin - DEMOCRAZY News
POLITIK

SAH! PKB Resmi Terima Kerja Sama dengan NasDem Duetkan Anies-Muhaimin

DEMOCRAZY.ID
September 01, 2023
0 Komentar
Beranda
POLITIK
SAH! PKB Resmi Terima Kerja Sama dengan NasDem Duetkan Anies-Muhaimin



DEMOCRAZY.ID - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi menerima tawaran kerja sama dari Partai NasDem untuk menduetkan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di Pilpres 2024 mendatang.


Hal itu diumumkan usai DPP PKB menggelar rapat pleno gabungan bersama Dewan Syuro dan Tanfidzyah serta DPW se-Indonesia, di Kantor DPW PKB Jatim, Surabaya, Jumat (1/9) sore.


"Barusan diputuskan, yang pertama kami menerima dan akan menindaklanjuti lamaran Partai NasDem kepada Ketua Umum kami Gus Muhaimin untuk bersama maju Pilpres 2024 dengan saudara Anies Baswedan," kata Sekjen DPP PKB Hasannudin Wahid.


Keputusan itu diambil sebagai tindak lanjut dari DPP PKB yang menggelar rapat pleno pertama di Kantor DPP PKB, Jakarta, Jumat (1/9) pagi.


Di rapat pleno gabungan, DPP PKB menindaklanjuti hasil pleno pagi tadi dengan berkonsultasi, meminta tausyiah dan pertimbangan serta nasihat dari para ulama di Surabaya.


Mereka juga menggali masukan jajaran fraksi dan pengurus DPW PKB seluruh Indonesia.


"Para kiai mendukung penuh memberikan dorongan bahwa apa yang terbaik buat PKB itu akan jadi juga keputusan beliau-beliau, dan beliau-beliau memberikan mandat kepada kami, 'Bismillahi tawakkaltu alallah' melaku. Budal gus! (berangkat gus)!" kata Hasannudin.



Kerja sama antara NasDem dan PKB pertama kali justru diketahui dari pernyataan Partai Demokrat pada Kamis kemarin (31/8). Demokrat berang karena NasDem dan Anies Baswedan menjalin kerja sama secara sepihak.


Padahal, NasDem dan Anies sudah menandatangani piagam kerja sama Koalisi Perubahan untuk Persatuan bersama Demokrat dan PKS.


Sekjen Demokrat Teuku Riefky menyebut tindakan itu sebagai pengkhianatan. Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono pun tidak menyangka. 


SBY yakin mitra dan rekan koalisi Demokrat berikutnya bisa lebih menghormati etika. 


"Saya punya keyakinan kita akan menemukan tempat dan mitra lebih baik dalam perjuangan ke depan. Saya yakin Insya Allah mitra kita itu juga tidak akan meninggalkan moral etika politik," kata SBY.


PKS Tetap Dukung Anies Meski Gandeng Cak Imin Jadi Cawapres


Ketua Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Almuzammil Yusuf menyatakan, pihaknya tetap mendukung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (capres) pada Pemilu 2024.


Pernyataan ini disampaikannya menyusul kabar Partai Nasdem menggandeng Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam kerja sama politik dan memilih Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai bakal calon wakil presiden (Cawapres) Anies.


Almuzammil mengatakan, sikap ini sesuai keputusan Musyawarah Majelis Syuro (MMS) VIII.


"Bahwa PKS secara resmi mendukung dan mengusung Saudara Anies Rasyid Baswedan sebagai calon Presiden Republik Indonesia pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI tahun 2024," ujar Almuzammil dalam keterang resmi yang diterima, Kamis (31/8/2023 malam.


Selain itu, Almuzammil menyebut, sikap ini bertolak pada kesepakatan yang termaktub dalam piagam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang diteken Nasdem, PKS, dan Demokrat.


Karena itu, PKS menyatakan akan berjuang sebaik-baiknya untuk memenangkan Anies dalam Pilpres 2024.


"Piagam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) bahwa dalam penentuan Calon Wakil Presiden RI ditentukan oleh Calon Presiden RI Anies Rasyid Baswedan," tutur Almuzammil. [Democrazy/CNN]

Penulis blog