Ganjar Muncul di Azan TV, Wamenag: Itu Bukan Politik Identitas, Tapi Syiar Agama - DEMOCRAZY News
POLITIK

Ganjar Muncul di Azan TV, Wamenag: Itu Bukan Politik Identitas, Tapi Syiar Agama

DEMOCRAZY.ID
September 12, 2023
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Ganjar Muncul di Azan TV, Wamenag: Itu Bukan Politik Identitas, Tapi Syiar Agama



DEMOCRAZY.ID - Bakal calon presiden dari PDIP, Ganjar Pranowo, muncul dalam tayangan azan magrib di televisi (TV) swasta. 


Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki menilai hal itu bukan politik identitas.


"Kalau menurut saya nggak," kata Saiful di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Selasa (12/9/2023). Dia menjawab apakah kemunculan Ganjar di azan TV termasuk politik identitas.


Politikus PPP ini tak mempermasalahkan kemunculan Ganjar di azan TV selama tidak merusak makna azan tersebut. Dia mengatakan kemunculan Ganjar merupakan sebuah proses.


"Itu kan apa ya, bagian dari sebuah proses ya, saya pikir kalau memang dan tidak merusak makna azan itu sendiri," katanya.


Saiful lalu berbicara soal politik identitas. Dia berharap politik identitas tidak terjadi di Pemilu 2024.


"Kalau kita tetap mengkampanyekan agar politik identitas itu tidak terjadi lagi di Pemilu, Pilpres ataupun Pileg di tahun 2024 karena pengalaman kita kemarin beberapa kejadian itu kan cukup lah menjadi pelajaran yang besar buat kita karena dampak dari politik identitas itu kita rasakan," kata Saiful.


Saiful mengatakan azan merupakan bagian dari syiar Islam. Menurut Saiful, azan tidak termasuk politik identitas.


"Azan itu kan apa ya, bagian dari syiar saja, kecuali kalau memang identitasnya itu aku a, anda b, atribut, itu kan hanya bagian dari apa ya, ritual yang wajar peringatan hari-hari," kata Saiful. [Democrazy/detik]

Penulis blog