Capres Umbar Janji: BBM dan Makan Gratis, Gaji Guru Rp 30 Juta, Realistis atau Ngebual? - DEMOCRAZY News
POLITIK

Capres Umbar Janji: BBM dan Makan Gratis, Gaji Guru Rp 30 Juta, Realistis atau Ngebual?

DEMOCRAZY.ID
September 13, 2023
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Capres Umbar Janji: BBM dan Makan Gratis, Gaji Guru Rp 30 Juta, Realistis atau Ngebual?



DEMOCRAZY.ID - Sejumlah calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) menjanjikan berbagai program jika terpilih dalam Pilpres 2024. Janji itu mereka sampaikan di ruang publik dalam beberapa kali kesempatan.


Janji-janji tersebut ada yang terkesan realistis dan ada juga yang sepertinya bualan belaka karena bakal menggerus anggaran belanja negara.


Capres yang diusung Partai Gerindra, Prabowo Subianto menggagas program makan gratis jika terpilih jadi presiden. 


Program makan gratis akan diperuntukkan bagi pelajar, siswa pra sekolah, hingga ibu hamil agar mendapat gizi yang seimbang.


Jika dilakukan setiap hari, program itu membutuhkan anggaran mencapai Rp400 triliun per tahun. 


Prabowo juga berjanji seluruh mineral mentah seperti nikel dan bauksit bakal diolah di Indonesia alias dilarang diekspor. 


Menurutnya, Indonesia harus bisa mengolah kekayaan alam sendiri tanpa campur tangan pihak lain.


Ia juga berjanji akan mengupayakan Indonesia mampu melakukan swasembada pangan sehingga tak lagi bergantung pada aktivitas impor. 


Capres yang diusung PDIP, Ganjar Pranowo menjanjikan kenaikan gaji guru Rp30 juta per bulan untuk yang sudah mengajar dalam waktu lama. Sementara untuk guru baru sekitar Rp10 juta per bulan.


Menurutnya, besaran angka itu sudah dihitung dengan cermat oleh pakar keuangan dan pendidikan.  


BBM Gratis


Capres yang diusung Partai Nasdem, Anies Baswedan berjanji fokus memperbaiki keluarga di Indonesia. 


Ia menyebut gagasan perubahan yang dibawanya berupaya menghapus kekhawatiran keluarga Indonesia atas empat isu.


Ia berjanji bahan pokok terjangkau, kehadiran lapangan pekerjaan, jaminan kesehatan, dan akses pendidikan berkualitas tuntas.


Cawapres Muhaimin Iskandar alias Cak Imin yang kini digandeng mendampingi Anies juga berjanji. Ia akal berupaya memberikan BBM secara gratis kepada seluruh masyarakat.


Ia juga berencana menggagas program listrik gratis untuk rakyat miskin yang diperuntukkan bagi 24 juta rumah tangga dengan daya 450 VA dan 900 VA yang selama ini menerima subsidi listrik. 


Harus Realistis


Direktur Rumah Politik Indonesia, Fernando Ersento Maraden Sitorus mengatakan, sebaiknya semua capres dan cawapres membuat janji yang realistis dan dapat direalisasikan ketika terpilih menjadi presiden atau wakil presiden.


Jangan membuat janji yang hanya untuk menarik dukungan dari para calon pemilih namun tidak realistis dan sulit direalisasikan. 


“Seperti janji Cak Imin yang ingin BBM akan digratiskan bagi pengguna sepeda motor sangat tidak masuk akal dan memerlukan biaya yang sangat tinggi,” ujar Fernando, Senin (11/9/2023).


Fernando menuturkan, jika berdasarkan estimasi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif kebutuhan BBM sepeda motor mencapai Rp1,2 triliun setiap harinya sehingga membutuhkan sekitar Rp.438 triliun untuk setiap tahunnya.


Sehingga akan sangat membebani APBN karena mencapai 14,3 persen kalau dibandingkan APBN tahun 2023.


“Sedangkan janji Prabowo untuk memberikan makan siang dan susu gratis bagi seluruh pelajar Indonesia diperkirakan beberapa kalangan mencapai Rp.266 triliun setiap tahunnya,” jelasnya. 


Sementara kebutuhan untuk memenuhi janji Ganjar, sambung Fernando, yang akan menaikkan gaji guru dari kisaran Rp10 juta sampai Rp30 juta setiap bulannya membutuhkan dana kira-kira Rp800 triliun pertahun.


Namun dari 3 janji tersebut, janji Prabowo dan Ganjar memberikan manfaat dibandingkan janji Cak Imin yang memberikan BBM gratis untuk motor karena sudah seharusnya pemerintah menggunakan anggaran bukan untuk subsidi BBM seperti yang sudah dilakukan oleh pemerintahan Joko Widodo.


“Saya berharap semua calon presiden dan wakil calon wakil presiden akan konsisten untuk merealisasikan apa yang dijanjikan pada saat akan mengikuti kontestasi pilpres. Tidak hanya sebatas janji untuk kepentingan mendapatkan dukungan dari para pemilih,” imbuhnya. 


Dihubungi terpisah, pegiat antikorupsi Jajang Nurjaman mengatakan, janji- janji kampanye seringkali dianggap sebagai janji-janji yang sulit diwujudkan secara realistis.


Pembiayaan untuk program-program besar seperti makan dan susu gratis, kenaikan gaji guru, atau BBM gratis harus disertai dengan rencana yang sangat jelas dan sumber anggaran yang terjamin.


“Sejumlah janji tersebut mungkin dapat memberikan manfaat sebentar, tetapi kebijakan yang tidak berkelanjutan dalam jangka panjang dapat mengganggu stabilitas anggaran dan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi,” jelasnya.


Sulit Diwujudkan


Koordinator Center for Budget Analysis (CBA) ini menuturkan, janji yang cukup masuk akal terkait susu dan makan gratis, adapun kenaikan gaji guru dan BBM gratis untuk pemilik kendaraan motor cukup sulit diwujudkan. 


Namun secara keseluruhan, janji ketiga capres tersebut masih kurang canggih dan belum menyentuh akar persoalan masyarakat Indonesia.


“Contohnya, masalah penegakan hukum terhadap koruptor yang belum tegas dan keras, sehingga menimbulkan banyak persoalan di negara kita. Jika itu diselesaikan, persoalan kesejahteraan rakyat secara tidak langsung akan membaik,” tandasnya. 


Angin Surga 


Aktivis 98 Yusuf Blegur mengatakan, Prabowo yang menjanjikan makan dan susu gratis, Ganjar janji kenaikan gaji guru hingga 30 juta, sungguh sesuatu yang basi-basi dan tak ubahnya hanya angin surga bagi rakyat. Janji - janji tersebut secara figur jauh dari ideal, secara behavior jauh dari kelayakan.


“Sebaiknya capres jangan berlebihan mengucapkan janji yang tidak realistis. Terlebih hanya sekedar untuk menarik hati dan memikat yang cenderung meninabobokan rakyat,” tegasnya. 


Mantan presidium Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) ini memaparkan, sudah terlalu sering rakyat dibohongi dan dikhianati oleh janji-janji palsu capres.


Oleh karena itu ke depan jangan ada lagi janji-janji yang tidak bisa dipenuhi. Karena imbasnya akan membuat rakyat semakin muak, apatis dan apriori bukan hanya pada capres tapi juga pada pelaksanaan pilpres.


“Agar tidak terus menjadi preseden dan stigma buruk pada semua capres, maka siapapun capres saat kampanye dan berjanji harus rasional, terarah dan terukur. Setiap capres hendaknya harus tahu diri, mengukur kemampuan dan intropeksi sejauh mana sudah berbuat untuk rakyat, negara dan bangsa Indonesia,” tandasnya. 


Menurutnya, hanya Anies Baswedan yang relatif memiliki kepantasan dan berhak dengan janji-janjj kampanye, karena selain figur kepemimpinannya yang bersih, juga mampu mengemban amanat rakyat dengan pembuktian prestasi dan penghargaan melalui program dan kinerja yang memberi manfaat seperti saat menjabat gubernur Jakarta.


Sementara capres model Prabowo dan Ganjar, sambung Yusuf, terlanjur dinilai pubik sebagai capres yang bermasalah dan dirundung pelbagsi skandal. 


Prabowo pernah terblow up, terlibat kejahatan HAM berat oleh beberapa jenderal purnawirawan dan kejahatan lingkungan lingkungan pada proyek Food Estate seperti yang disampaikan Hasto Kristianto Sekjend PDIP. 


“Sementara sosok Ganjar, oleh publik sudah dianggap identik dengan dugaan korupsi E KTP, kemiskinan di Jawa Tengah dan hobi nonton bokep,” papar anak asuh Megawati Soekarno Putri dan Taufik Kiemas ini. 


“Bagaimana mungkin dengan sederet masalah moral dan kecendungan kejahatan yang menyelimutinya, Prabowo berjanji lagi kasih makan dan susu gratis, lalu Ganjar mau naikan gaji guru hingga 30 juta? Biarlah rakyat yang menilai dan merasakan yang sebenarnya,” imbuhnya. 


Mantan  Sekjen pertama Projo (relawan Jokowi) Guntur Siregar meminta sebaiknya janji politik itu tertulis di buku timnas kampanye. Sehungga bisa diminta pertagunggjawaban oleh rakyat apabila terpilih menjadi presiden. Karena selama ini janji - janji tersebut hanya diucapkan di ruang publik dan tidak tertulis. 


“Cari wakil presiden saja belum tuntas kok tapi sudah buat janji. Menurutku ini hanya sebatas pencitraan saja untuk ambil simpatik rakyat,” ujarnya. 


Guntur menilai dari janji - janji capres - cawapres tersebut tapi ada yang masuk akal, yakni Cak imin yang menggratiskan BBM bagi sepeda motor, terutama para pemilik ojol. Seumpama gratis 3- 5 liter/hari bagi pemilik ojol. Itu lebih rasional.


“Tiga-lima liter sehari buat para pemilik motor ojol sudah sangat membantu mereka dalam menghadapi kesulitan ekonomi,” tandasnya. [Democrazy/HarianTerbit]

Penulis blog