Mengejutkan! Gus Yahya Sebut Pancasila Kurang Relevan Jadi Ideologi Negara, Kenapa? - DEMOCRAZY News
POLITIK

Mengejutkan! Gus Yahya Sebut Pancasila Kurang Relevan Jadi Ideologi Negara, Kenapa?

DEMOCRAZY.ID
Agustus 28, 2023
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Mengejutkan! Gus Yahya Sebut Pancasila Kurang Relevan Jadi Ideologi Negara, Kenapa?



DEMOCRAZY.ID - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya menyoroti terkait pembahasan Pancasila sebagai ideologi negara.


Menurut Gus Yahya sebagaimana dikutip dari YouTube TVNU, pembahasan Pancasila sebagai ideologi negara saat ini sudah kurang relevan.


Sorotan Gus Yahya terkait Pancasila sebagai dasar negara yang kurang relevan itu disampaikannya saat menjadi narasumber dalam Seminar Nasional Kongres ke IX Ikatan Sosiologi Indonesia.


Awalnya, Gus Yahya mengatakan adanya kemustahilan ideologi di era digital saat ini.


"Ideologi itu menjadi semakin mustahil ditengah-tengah konteks realitas digital ini," kata Gus Yahya dalam acara yang digelar di University Club Hotel UGM Yogyakarta, Sabtu (26/08/2023).


Lebih lanjut dirinya mengatakan bahwa dunia saat ini menjadi tanpa batas yang mengakibatkan terbentuknya satu peradaban yang didalamnya terdapat banyak elemen.


"Jadi ndak mungkin lagi, orang siapa pun berambisi untuk membentuk dunia ini sesuai dengan keinginannya, karena sudah begitu besar ukurannya dan begitu banyak elemen yang saling bercampur," jelas ulama kelahiran Rembang, Jawa Tengah itu.


Gus Yahya juga menyatakan bahwa sifat alami ideologi membawa asumsi untuk membentuk dunia ini seperti yang dirumuskan oleh ideologi itu sendiri.


"Jadi Ideologi itu punya eskatologi, dan eskatologi itu pengandaian tentang dunia yang hendak diciptakan melalui ideologi itu sendiri," sambungnya.


Dirinya menegaskan upaya mewujudkan ideologi semacam Marxisme dan Khilafah Islamiah sudah tidak mungkin terjadi.


"Marx ingin mewujudkan masyarakat proletariat, ideologi Islam ingin mewujudkan ideologi khilafah universal dan lain sebagainya. Ditengah-tengah masyarakat global yang begini luas. Saya kira ini sudah tidak mungkin lagi," tegas Gus Yahya.


Oleh karena itu, sama halnya dengan pembahasan soal Pancasila sebagai ideologi negara. Menurutnya, hal itu sudah tidak lagi relevan untuk saat ini.


"Karena itu saya kira mungkin akan semakin kurang relevan kita bicara tentang Pancasila sebagai ideologi negara," tuturnya.


Gus Yahya mengungkapkan alasan Pancasila sudah tidak lagi relevan untuk saat ini karena sudah banyak variabel yang ikut "berperang".


"Kita tidak bisa mengandaikan bahkan masyarakat Indonesia ini menjadi masyarakat Pancasila, begitu itu kita ndak bisa. Karena sudah terlalu banyak variabel yang ikut berperang," jelasnya.


Oleh karena itu, Gus Yahya mengatakan bahwa Pancasila akan lebih tepat jika dijadikan sebagai landasan moral.


"Saya kira yang lebih tepat ya Pancasila ini kita jadikan sebagai landasan moral yang memberi kita motivasi didalam kita bergerak untuk mengupayakan kemaslahatan-kemaslahatan bagi masyarakat termasuk dalam politik ini," ungkap Gus Yahya.


Menurutnya, konsep mendasar inilah yang relevan terkait dengan tranformasi masyarakat ditengah era digital. [Democrazy/Hallo]

Penulis blog