LSI Bongkar Karma NasDem Jika Mencoba Khianati Anies Baswedan, Efeknya Nggak Main-Main! - DEMOCRAZY News | Berita dan Politik Indonesia

Breaking

logo

LSI Bongkar Karma NasDem Jika Mencoba Khianati Anies Baswedan, Efeknya Nggak Main-Main!

LSI Bongkar Karma NasDem Jika Mencoba Khianati Anies Baswedan, Efeknya Nggak Main-Main!


DEMOCRAZY.ID - Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Denny JA, Toto Izul Fatah mengungkapkan, karma yang akan diterima partai NasDem jika berusaha hengkang dari Anies Baswedan. 


Dia menjelaskan, hal itu bisa merusak nama baik partai dan pemilih, serta mencemarkan nama baik Surya Paloh sebagai ketua umum.


Hal itu diutarakan Toto terkait soal isu kemungkinan pembatalan Anies Baswedan sebagai capres yang diusung Nasdem.


Tak hanya terkait isu reshuffle menteri yang membayangi dua kader Nasdem, Menteri Pertanian Sahrul Yasin Limpo dan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate dan soal isu ancaman akan dijadikan tersangka lewat Kejaksaan Agung.


“Dua rumor itu bisa saja terjadi, baik reshuffle maupun menjadi tersangka,” ujar Toto dalam siaran pers, Kamis (16/3/2023).


Namun, menurut dia, jika itu dilakukan, justru blunder yang akan terjadi pada pemerintahan Jokowi. 


Karena ini dilakukan pada momentum yang tidak tepat sehingga opini publik akan dengan mudah menyimpulkan bahwa Partai Nasdem terzalimi.


“Jika itu yang terjadi, Partai Nasdemlah yang akan menerima berkahnya. Itu sama saja Pak Jokowi sedang memberi angin segar buat partainya Pak Surya Paloh menjadi semakin besar. Setidaknya partai tersebut akan menjadi tempat berkumpulnya pemilih yang tak puas kepada Jokowi semakin solid,” kata Toto.


Atas dasar itulah, peneliti senior LSI Denny JA ini melanjutkan, terlalu mahal jika Surya Paloh dengan Nasdemnya harus mengalah terhadap isu ‘ancaman’ yang beredar itu dengan membatalkan pencalonan Anies sebagai presiden.


Toto menjelaskan, ada dua biaya mahal yang harus dibayar. 


Pertama, terpuruknya image Partai Nasdem yang kehilangan nyali dan idealismenya sehingga berefek juga pada rontoknya elektabilitas partai tersebut. 


Kedua, sudah pasti berimbas juga pada rusaknya citra Surya Paloh sebagai tokoh partai yang selama ini dikenal memiliki idealisme tinggi.


“Coba bayangkan, Surya Paloh yang di awal-awal sangat menggebu mendukung Anies, tiba-tiba membatalkan karena tak tahan dengan tekanan. Pasti citra beliau akan rusak. Ditambah lagi, akan makin bertambahnya musuh dari partai yang selama ini akan diajaknya koalisi,” ujarnya.


Karena itu, Toto berharap, untuk kepentingan terjadinya kontestasi politik yang sehat pada Pilpres 2024 nanti, ditemukan jalan tengah yang membuat Anies tetap maju sebagai capres sehingga publik benar-benar disuguhi pilihan yang lebih banyak, minimal dua pasang, sesuai dengan hasil aneka lembaga survei.


“Survei itu kan menggambarkan kecenderungan pemilih terhadap figur yang akan dipilihnya. Dan dari hasil sejumlah survei, hanya tiga figur yang kuat, yaitu Ganjar Pranowo, Prabowo, dan Anies Baswedan. Nah, bagusnya, biarkan saja mereka bertarung dengan sehat dan biarkan rakyat memilihnya dengan bebas. Itulah demokrasi,” kata Toto. [Democrazy/WE]

BERITA TERKAIT

Tidak ada komentar: