Terungkap! Akses ke Server PDN Pakai Password Admin#1234 - DEMOCRAZY News
TRENDING

Terungkap! Akses ke Server PDN Pakai Password Admin#1234

DEMOCRAZY.ID
Juli 05, 2024
0 Komentar
Beranda
TRENDING
Terungkap! Akses ke Server PDN Pakai Password Admin#1234

Terungkap! Akses ke Server PDN Pakai Password Admin#1234


DEMOCRAZY.ID - Dokumen yang berisi kredensial berupa username dan password untuk mengakses server Pusat Data Nasional Sementara tersebar di internet. Diduga itulah sumber kebocoran dari insiden peretasan dan ransomware ke server PDN.


Dalam dokumen tersebut, terungkap pula bahwa password yang digunakan untuk mengakses data-data kependudukan ternyata password yang tergolong mudah untuk ditebak atau banyak digunakan.


Dokumen yang diduga diunggah oleh "orang dalam" di situs berbagi dokumen Scribd itu tertulis akses ke server milik Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menggunakan password "Admin#1234".


Situs penyedia layanan password manager, NordPass menyebut kata "admin" dan angka "12345", termasuk kombinasinya, termasuk dalam password yang banyak dipakai dan mudah dibobol.


Untuk Indonesia, password seperti itu (kombinasi kata admin dan angka urut) masuk urutan ke-14 paling yang banyak dipakai. Hacker hanya butuh waktu sekitar 11 detik untuk membobol password "admin12345".



Modifikasi dengan huruf kapital dan karakter unik butuh waktu sedikit lama, misal password "admin@123" yang menurut NordPass, berada di urutan ke-55 paling sering dipakai di dunia. Hacker hanya butuh waktu 34 menit untuk membobolnya.




Penyelidikan


Menko Polhukam Hadi Tjahjanto mengeklaim, pemerintah telah menemukan pihak internal yang dianggap bersalah sehingga mengakibatkan PDNS 2 diserang ransomware LockBit 3.0.


“Dari hasil forensik pun kami sudah bisa mengetahui bahwa siapa user yang selalu menggunakan password-nya dan akhirnya terjadi permasalahan-permasalahan yang sangat serius ini,” kata Hadi usai memimpin rapat koordinasi di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (1/7/2024).


Sementara itu, Dirjen Aptika Kominfo Semuel Pangerapan mengatakan, pihaknya tengah melakukan penelusuran seputar adanya orang dalam yang membocorkan dokumen internal Kominfo.


"Saya memastikan untuk saat ini kami tengah melakukan investigasi terkait adanya dugaan tersebut," ujar pria yang akrab disapa Semmy ini di sela-sela konferensi pers pengunduran dirinya, di kantor Kementerian Kominfo, Kamis (4/7/2024).


"Yang melakukan investigasi itu ada BSSN, lalu pihak Cyber Crime juga ikut bekerja melakukan investigasi," imbuh Semmy.


Meski demikian, Semmy tidak mengumbar kapan proses investigasi ini akan berlangsung. 


Ia juga tak mengonfirmasi apakah data yang ada di dalam dokumen akses PDNS yang tersebar di Scribd tersebut akurat atau tidak.


Namun, yang jelas, Semmy tidak bisa memantau proses investigasi ini lantaran pengunduran dirinya saat ini sedang diproses dan ia nantinya tak akan menjabat di Kominfo lagi.


Sumber: Kompas

Penulis blog