Logo Jakhabitat Buatan Era Anies Mendadak Hilang, Heru Budi: Saya Enggak Tahu - DEMOCRAZY News
DAERAH POLITIK

Logo Jakhabitat Buatan Era Anies Mendadak Hilang, Heru Budi: Saya Enggak Tahu

DEMOCRAZY.ID
Juli 04, 2024
0 Komentar
Beranda
DAERAH
POLITIK
Logo Jakhabitat Buatan Era Anies Mendadak Hilang, Heru Budi: Saya Enggak Tahu

Logo Jakhabitat Buatan Era Anies Mendadak Hilang, Heru Budi: Saya Enggak Tahu


DEMOCRAZY.ID - Plang bertuliskan Jakhabitat yang terpasang di depan Rusunami Cilangkap, Jakarta Timur menghilang. Kasus ini viral di media sosial X usai diunggah akun @adriansyahyasin.


Dia mendapati plang 'JakHabitat' era Gubernur Anies Baswedan itu hilang saat mengunjungi Rusunami Cilangkap beberapa waktu belakangan.


"Rusunami Cilangkap ini termasuk Rusun DP 0 Rupiah yang diusung Pemprov DKI, cuma sepertinya ada yang berubah ketika saya yang berkunjung kemarin," tulis @adriansyahyasin, dikutip Rabu (3/7/2024).


"Tolong min @DKIJakarta ada penjarahan di Rusunami Cilangkap. Ada aset Pemprov Jakarta berupa signage yang hilang, mungkin diambil orang tanpa izin? Mohon bantuannya, Trims," kata @rahmadidr yang mengomentari postingan @adriansyahyasin.



Menanggapi hal tersebut, Heru mengaku tak pernah berupaya menghilangkan plang JakHabitat di Cilangkap itu.


"Saya enggak pernah utak atik itu. Nanti kita perbaiki lagi ya," ujar Heru di Jakarta Pusat.


Ia mengklaim bakal meminta jajarannya untuk memasang lagi papan JakHabitat itu agar tak menimbulkan polemik di tengah masyarakat.


"Iya (nanti dipasang lagi). Saya enggak pernah ngapa-ngapain ya," kata Heru.


Terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) DKI, Afan Andriansyah menyebut pihaknya tak pernah menghapus program JakHabitat.


"Yang bilang dihapus siapa? Enggak ada yang bilang. Nggak ada kebijakan dari kita," kata Afan.


Afan juga menyebut program penjualan hunian milik Pemprov DKI juga selama ini terus berjalan.


"Ya kalau plang mah beda dengan program dong, programnya jalan, penjualannya jalan terus lihat Jakarta Fair ada kan kita jual, lihat lagi di galeri di Blok M," pungkasnya.


Jakhabitat Diluncurkan Anies


Diketahui, Jakhabitat diluncurkan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 2022 lalu. 


Jakhabitat diluncurkan Anies bersamaan dengan diresmikannya Galeri Huni yang berada di Taman Martha Tiahahu, Blok M, Jakarta Selatan.


Program Jakhabitat dan Galeri Huni dijalankan Anies sebagai program integrasi di bidang hunian. 


Jakhabitat serupa dengan program integrasi lainnya yang sudah lebih dahulu diterapkan oleh Pemprov DKI Jakarta semisal JakLingko untuk integrasi transportasi.


Pada Jakhabitat terdapat beberapa program yang disuguhkan Pemprov DKI Jakarta, seperti program penyedia rumah susun dengan DP Nol Rupiah hingga program penataan kampung susun.


Sedangkan Galeri Huni disiapkan agar masyarakat bisa datang melihat contoh huniannya di galeri yang beralamatkan di Taman Martha Tiahahu, Blok M, Jakarta Selatan.


Selain dapat melihat contoh unit hunian secara langsung di Galeri Huni, Pemprov DKI juga menyediakan aplikasi Sirukim (sistem informasi perumahan dan permukiman) yang dapat diakses via JAKI.


Sumber: Liputan6

Penulis blog