Kaesang Incar Jakarta-1 dan Bisa Jadi Gubernur Termuda, Siapa Pemegang Rekor Saat Ini? - DEMOCRAZY News
POLITIK

Kaesang Incar Jakarta-1 dan Bisa Jadi Gubernur Termuda, Siapa Pemegang Rekor Saat Ini?

DEMOCRAZY.ID
Juli 03, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Kaesang Incar Jakarta-1 dan Bisa Jadi Gubernur Termuda, Siapa Pemegang Rekor Saat Ini?

Kaesang Incar Jakarta-1 dan Bisa Jadi Gubernur Termuda, Siapa Pemegang Rekor Saat Ini?


DEMOCRAZY.ID - Komisi Pemilihan Umum mengeluarkan Peraturan KPU atau PKPU Nomor 8 Tahun 2024, yang mengatur batas usia calon gubernur yakni 30 tahun serta wali kota atau bupati minimal 25 tahun. 


Peraturan ini membuka peluang bagi anak bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, untuk maju pemilihan gubernur. 


Kaesang, pengusaha makanan di antaranya Sang Pisang, Ternakopi dan Mangkokku, dikabarkan mengincar posisi Gubernur Jakarta.


PKPU itu ditandatanganii oleh Ketua KPU Hasyim Asy'ari pada Senin, 1 Juli 2024.


Beberapa waktu lalu, Kaesang menyatakan bersedia jika dirinya diminta maju menjadi calon gubernur Jakarta untuk Pilkada 2024 jika dirasa pantas. 


"Ya selama memang didukung (untuk maju Pilgub Jakarta) oleh partai-partai, enggak masalah juga," kata Kaesang pada Jumat, 21 Juni 2024.


Sebelumnya, kabar Kaesang maju di Pilgub Jakarta mencuat usai Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengunggah foto Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Budisatrio Djiwandono bersanding dengan Kaesang Pangarep pada Rabu 29 Mei 2024. 


Foto di akun media sosial Instagram pribadi @sufmi_dasco itu ditambah dengan tulisan calon gubernur DKI Jakarta "For Jakarta 2024".


Rencana Kaesang maju di Pilkada Jakarta pun mendapat dukungan dari Partai Amanat Nasional (PAN). 


Ketua  PAN DKI Jakarta Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio mengatakan, Kaesang bakal dipertimbangkan apabila mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tidak maju pada Pilkada Jakarta 2024.


“Kalau di level saya ya, ini juga menjadi masukan kalau seandainya Ridwan Kamil tidak (jadi maju) gitu ya, apa yang harus kita tampilkan. Oh berarti ada alternatif lain yaitu Mas Kaesang,” kata Eko usai Rakernas PAN di Kantor DPP PAN, Jakarta, Sabtu, 29 Juni 2024, dikutip dari Antara.


Sebelumnya, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PKB Jakarta, Hasbiallah Ilyas, juga membuka peluang untuk menyandingkan Anies Baswedan dengan Kaesang sebagai pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta. 


Pernyataan tersebut disampaikan setelah mendeklarasikan dukungan kepada Anies untuk Kembali berlaga membidik kursi orang nomor 1 di Jakarta.


"PKB terbuka bagi semuanya, termasuk dengan Mas Kaesang," kata Hasbiallah di markas DPW PKB Jakarta, Jakarta Timur, Kamis 13 Juni 2024.


PDIP, yang mendukung Jokowi sejak di Pemilihan Wali Kota Solo, Gubernur Jakarta dan Pilpres 2014, 2019, memperhitungkan Kaesang sebagai bakal cagub Jawa Tengah


Ketua PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani mengatakan bahwa partai-nya ikut mempertimbangkan nama Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep,  pada Pilkada Jawa Tengah (Jateng) 2024.


"Iya dong, (Kaesang) jadi salah satu pertimbangan juga," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 2 Juli 2024.


Dia pun menanggapi positif hasil survei teranyar Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang menempatkan Kaesang di urutan kedua dengan dukungan terbanyak dalam simulasi top of mind mengenai kandidat bakal calon Gubernur Jawa Tengah.


Puan bahkan mengaku tidak mempersoalkan nama Kaesang yang meraih dukungan lebih tinggi dari Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul pada survei tersebut. 


"Enggak apa-apa, bagus Kaesang," ucap dia.


Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman menyebut Gerindra tak menutup peluang akan mengusung Kaesang di Pilgub Jawa Tengah 2024. 


Hal ini disampaikan menanggapi hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang menyebut Kaesang memiliki elektabilitas tinggi di Jawa Tengah.


“Bisa jadi. Nama Mas Kaesang kan muncul di mana-mana. Bagus surveinya. Di Jakarta juga sebagai cawagub, beliau muncul di konstituen kami di Jawa Tengah demikian juga,” ujar Habiburokhman di kompleks parlemen Senayan, Jakarta pada Senin, 1 Juli 2024.


Siapa Gubernur Termuda Saat Ini?


Rekor Gubernur Termuda di Indonesia dipegang Zumi Zola ketika dilantik sebagai Gubernur Jambi pada 2016. Mantan aktor yang lahir pada 31 Maret 1980 ini, berusia 36 tahun ketika awal menjabat.


Sebelum menjadi gubernur, Zumi Zola juga tercatat pernah menjabat sebagai Bupati Tanjung Jabung Timur, salah satu kabupaten di Jambi.


Gubernur termuda kedua adalah Andi Sudirman Sulaiman, yang dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai gubernur Sulawesi Selatan  sisa masa jabatan 2018-2023. Andi menjadi gubernur termuda karena dengan usia 38 tahun.


Andi, yang lahir di Bone 25 September 1983,  menggantikan posisi Nurdin Abdullah pada Maret 2022. Nurdin sebelumnya ditangkap KPK dalam kasus dugaan korupsi.


Sumber: Tempo

Penulis blog