10 Negara dengan Harga BBM 'Selangit', Ada yang 4 Kali Lipat RI - DEMOCRAZY News
EKBIS

10 Negara dengan Harga BBM 'Selangit', Ada yang 4 Kali Lipat RI

DEMOCRAZY.ID
Juli 02, 2024
0 Komentar
Beranda
EKBIS
10 Negara dengan Harga BBM 'Selangit', Ada yang 4 Kali Lipat RI

10 Negara dengan Harga BBM 'Selangit', Ada yang 4 Kali Lipat RI


DEMOCRAZY.ID - Sejumlah negara didapuk sebagai negara dengan harga bahan bakar minyak (BBM) selangit.


Negara-negara yang kebanyakan dari Skandinavia tersebut membanderol BBM dengan harga fantastis, yang bahkan mencapai tiga kali lipat harga BBM di Indonesia.


Per Senin (1/7), PT Pertamina (Persero), Shell Indonesia, dan BP-AKR telah menetapkan harga bahan bakar minyak (BBM) terbaru.


Pertamina memilih tidak mengubah harga BBM non subsidi atau jenis bahan bakar umum di SPBU sejak 1 Januari 2024. Harga Pertamax masih seharga Rp12.950 per liter untuk kawasan DKI Jakarta dan Pulau Jawa.


Begitu pula dengan Pertamax Green 95 yang seharga Rp13.900 per liter, Pertamax Turbo Rp14.400 per liter, Dexlite Rp14.550 per liter, dan Pertamina Dex Rp15.100 per liter.


Sementara itu, Shell dan BP-AKR menurunkan harga sejumlah produk bahan bakarnya.


Shell memangkas harga BBM jenis Shell Super dari Rp14.580 per liter menjadi Rp13.810 per liter. Selanjutnya, Shell V Power turun dari Rp15.400 ke Rp14.700 per liter. Kemudian, Shell Diesel Extra merosot dari Rp14.670 ke Rp15.320 per liter.


BP-AKR juga mengambil langkah serupa. Dalam situs resminya, harga BBM BP Ultimate tercatat turun dari Rp15.400 menjadi Rp14.700 per liter. Harga BP Diesel juga lebih murah dari Rp15.340 menjadi Rp15.320 per liter.


Berikut daftar negara dengan harga BBM selangit dikutip dari News18.


1. Hong Kong

Hong Kong menjadi negara dengan harga BBM paling tinggi di dunia.


Berdasarkan catatan globalpetrolprices, wilayah administrasi yang merupakan bagian dari China ini menetapkan harga BBM sekitar Rp53.079 per liter. Angka ini empat kali lipat lebih harga BBM Pertamax Indonesia sebesar Rp12.950.


2. Monako

Monako menempati posisi kedua sebagai negara dengan harga BBM termahal di dunia.


Menurut globalpetrolprices, negara kecil di Eropa yang berbatasan dengan Prancis ini membanderol BBM seharga Rp37.476 per liter.


3. Islandia

Negara kepulauan Nordik di Samudra Atlantik Utara dan Samudra Arktik ini punya iklim suhu yang sangat dingin dengan lokasi yang terpencil. Akibatnya, harga BBM di Islandia sangat melambung yakni seharga Rp37.092 per liter.


4. Denmark

Sebagai negara Skandinavia paling selatan, Denmark memiliki iklim dingin bersalju yang berkepanjangan. Karena faktor tersebut, harga bensin di Denmark relatif tinggi, yaitu sekitar Rp37.010 per liter.


5. Belanda

Harga BBM di Belanda dibanderol Rp35.013 per liter. Mahalnya biaya ini lantaran tingginya pajak cukai bahan bakar, khususnya bahan bakar minyak.


6. Liechtenstein

Negara kecil di Eropa ini menjadi salah satu negara dengan harga BBM tertinggi di dunia. Harga BBM di Liechtenstein mencapai Rp34.699 per liter.


Harga BBM tinggi di negara ini lantaran Liechtenstein tak memiliki cadangan minyak. Setiap tetes bahan bakar harus diimpor dan dikirim melalui jalan darat ke negara ini.


Pemerintah Liechtenstein mengenakan pajak terhadap sebagian besar biaya dari satu liter BBM.


7. Norwegia

Negara yang juga Skandinavia ini punya kondisi iklim yang serupa dengan Denmark. Oleh sebab itu, harga BBM di Norwegia mencapai sekitar Rp34.451 per liter.


8. Swiss

Harga BBM di Swiss mencapai Rp34.332 per liter menurut catatan globalpetrolprices. Mahalnya harga BBM ini karena sejumlah faktor antara lain meningkatnya eskalasi konflik di Timur Tengah belakangan, melemahnya Franc Swiss terhadap dolar AS, hingga penurunan muka air di Sungai Rhine.


Semakin rendah air di Sungai Rhina, semakin sedikit kapal yang bisa dimuat sehingga biaya transportasi menjadi lebih mahal. Pengangkutan bahan bakar Swiss sendiri sebagian besar dilakukan melalui Rhine.


9. Barbados

Negara yang terletak di Kepulauan Antillen, Hindia Barat, ini menetapkan harga bahan bakar minyak sekitar Rp34.274 per liter.


10. Israel

Israel menjadi satu-satunya negara di Timur Tengah yang menetapkan harga BBM termahal, bahkan masuk dalam peringkat 10 besar di dunia. Harga BBM di Negeri Zionis seharga Rp34.068 per liter.


Agresi Israel di Jalur Gaza menjadi salah satu alasan utama lonjakan harga BBM di Israel. Sejak berperang dengan Hamas, pemerintah Israel menghentikan subsidi pajak cukai dan mengalihkan prioritas terhadap belanja pertahanan.


Menurut globalpetrolprices, harga rata-rata BBM di seluruh dunia yakni Rp21.482 per liter.


Perbedaan harga antara negara satu dengan lainnya karena sejumlah faktor yakni tingkat kemiskinan suatu negara, jumlah produksi BBM, serta jumlah ekspor BBM yang memengaruhi pajak dan subsidi.


Negara-negara kaya umumnya memiliki harga BBM yang lebih tinggi, sementara negara-negara miskin dan negara-negara yang memproduksi maupun mengekspor minyak memiliki harga BBM yang jauh lebih rendah.


Sumber: CNN

Penulis blog