Tiga Keluarga Jokowi Ditunjuk Jadi Direksi Pertamina hingga BNI, Ngabalin: Masalahnya di Mana? - DEMOCRAZY News
POLITIK

Tiga Keluarga Jokowi Ditunjuk Jadi Direksi Pertamina hingga BNI, Ngabalin: Masalahnya di Mana?

DEMOCRAZY.ID
Juni 13, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Tiga Keluarga Jokowi Ditunjuk Jadi Direksi Pertamina hingga BNI, Ngabalin: Masalahnya di Mana?

Tiga Keluarga Jokowi Ditunjuk Jadi Direksi Pertamina hingga BNI, Ngabalin: Masalahnya di Mana?


DEMOCRAZY.ID - Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin mengatakan tidak ada masalah jika keluarga Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengisi posisi direktur hingga komisaris di perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).


"Di mana masalahnya? Tidak ada masalahnya di situ. Semua orang yang dianggap oleh negara memiliki kewenangan dan kemampuan, yang mumpuni, seperti itu," kata Ngabalin di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta pada Kamis, 13 Juni 2024.


Ngabalin juga menyatakan tidak ada nepotisme dengan pengangkatan komisaris lingkaran TKN Prabowo-Gibran. 


Dia mengklaim BUMN diatur dengan sistem yang sama sekali tidak diragukan kualitas manajemennya dan kepemimpinan.  


"Semua orang punya kapasitas dan kapabilitas yang kita harus hargai," kata Ngabalin.


Daftar Kerabat Presiden Jokowi Jadi Petinggi Perusahaan Pelat Merah atau BUMN, Akuntabilitasnya?


Sejumlah kerabat dekat Presiden Joko Widodo atau Jokowi didapuk menjadi petinggi di beberapa Badan Usaha Milik Negara atau BUMN.


Direktur Kebijakan Publik Center of Economic and Law Studies (Celios), Media Wahyudi Askar menilai, penunjukan orang terdekat pemimpin politik untuk memegang jabatan penting di sebuah perusahaan akan menimbulkan pertanyaan publik terkait transparansi dan akuntabilitas.


“Ini dapat menimbulkan pertanyaan tentang transparansi, akuntabilitas dan faktor politik dalam pengelolaan perusahaan,” kata Media kepada Tempo melalui pesan tertulis pada Selasa, 11 Juni 2024.


Keterlibatan faktor politik dalam pengelolaan perusahaan BUMN, kata Media, dapat menimbulkan konflik kepentingan.“Ini bisa merugikan perusahaan, karyawan, bahkan masyarakat secara keseluruhan jika keputusan yang diambil tidak memperhatikan kebutuhan nyata perusahaan BUMN,” ujarnya.


Belakangan bagi-bagi jabatan di lingkar kerabat Jokowi pada sejumlah posisi di perusahaan pelat merah rupanya tak henti pada dua keponakannya. Ada juga nama Sigit Widyawan, suami dari sepupu Jokowi 


Lantas, siapa saja deretan kerabat Jokowi yang menduduki jabatan tinggi di BUMN? Simak informasinya sebagai berikut:


Bagaskara Ikhlasulla Arif Jadi Manager Pertamina


Bagaskara Ikhlasulla Arif merupakan keponakan Jokowi, ia ditunjuk untuk memegang jabatan sebagai Manager Non-Government Relations di PT Pertamina (Persero). Bagaskara adalah putra dari Arif Budi Sulistyo dan Titik Relawati adik bungsu dari Jokowi.


Sebelum di Pertamina, Bagaskara sempat menjadi Asisten Manajer di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI sejak November 2018 hingga Oktober 2021. Selanjutnya, pada November 2021 dia diangkat sebagai Senior Expert Government Relation di Pertamina. Kemudian pada Maret 2024, dia menjadi Manager Non-Government Relation di perusahaan pelat merah yang dipimpin Nicke Widyawati itu.


Joko Priyambodo Jadi Direktur PT Patra Logistik


Joko Priyambodo menjadi orang dalam lingkaran keluarga Jokowi selanjutnya yang menjadi petinggi di perusahaan BUMN. Keponakan Jokowi itu menjabat sebagai Direktur Pemasaran dan Operasi PT Patra Logistik, anak perusahaan PT Pertamina (Persero). Dia resmi berada di posisi strategis tersebut sejak 20 Mei 2024.


Hubungan kekerabatan Joko Priyambodo dengan Jokowi bermula karena Joko menikah dengan Septiara Silvani Putri, keponakan Jokowi. Septiara merupakan putri dari pasangan Hari Mulyono dan Idayati-- adik kandung Jokowi. 


Setelah menjadi janda karena suaminya meninggal, Idayati menikah dengan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman.


Sigit Widyawan Jadi Komisaris Independen BNI


Berikutnya ada nama Sigit Widyawan, suami dari sepupu Jokowi, saat ini sudah masuk periode kedua, menduduki jabatan Komisaris Independen PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI. 


Ipar Jokowi itu pertama kali ditunjuk menduduki posisi Komisaris Independen BNI sejak 2018-2022. Pada 2022 ia kembali ditunjuk lanjut menjabat komisaris independen pada 2022-2025.


Hubungan Sigit dan Jokowi sangat dekat. Sigit menikahi Nining Roni Widyaningsih, sepupu Jokowi. Nining adalah putri dari Miyono Suryo Sarjono yang wafat pada 22 Februari 2022. Miyono merupakan kakak tertua Sujiatmi, ibu Jokowi yang selalu mendukung kiprah politik Jokowi. 


Mertua Sigit ini juga yang kerap tampil di muka untuk menangkis isu miring yang menyasar Jokowi. Putrinya, Nining sekaligus sepupu Jokowi, merupakan Pembina Kipasan Solo—relawan yang bergerak menghimpun dukungan untuk presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.


Sumber: Tempo

Penulis blog