Bukan di IKN, Rumah Pensiun Jokowi di Karanganyar Mulai Dibangun, Tanahnya 12 Ribu Meter Persegi - DEMOCRAZY News
POLITIK

Bukan di IKN, Rumah Pensiun Jokowi di Karanganyar Mulai Dibangun, Tanahnya 12 Ribu Meter Persegi

DEMOCRAZY.ID
Juni 26, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Bukan di IKN, Rumah Pensiun Jokowi di Karanganyar Mulai Dibangun, Tanahnya 12 Ribu Meter Persegi



DEMOCRAZY.ID - Pemerintah mulai mempersiapkan rumah tempat tinggal untuk Presiden Jokowi setelah pensiun pada Oktober 2024 nanti. 


Rumah yang diberikan oleh negara ini dibangun di atas lahan seluas 12.000 meter persegi yang berlokasi di Desa Blulukan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.


Berdasarkan pantauan kumparan, lokasi rumah Jokowi ini berada di pusat ekonomi kawasan Colomadu, Jalan Adi Sucipto. 


Di sebelah kanan lahan terdapat Rumah Makan Taman Sari yang menjadi tujuan bus pariwisata, sementara di sebelah kiri terdapat restoran Grandis Barn. Lokasi tanah ini berada di perbatasan antara Kota Solo dan Karanganyar. 


Proyek ini telah dikelilingi sebagian dengan seng setinggi 1,5 meter berwarna putih.



Sejumlah pekerja terlihat menggunakan alat berat untuk meratakan tanah dan membersihkan semak belukar. 


Sebagian pekerja juga mulai mendirikan kantor untuk pekerja. Alat dan material pembangunan mulai berdatangan di lokasi proyek.


Kata Kades


Kepala Desa Blulukan, Slamet Wiyono, mengatakan pemasangan seng penutup lokasi proyek pembangunan rumah pensiun Jokowi dimulai pada Senin (24/6). 


Pihak Sekretariat Negara (Setneg) juga sudah berkoordinasi dengan Dinas PUPR Karanganyar untuk izin pemotongan pohon di lokasi demi akses material ke dalam.


“Saat ini yang bisa kita lihat adalah persiapan pembangunan pagar keliling. Persiapan lain dari Setneg juga sudah dilakukan, termasuk koordinasi dengan PUPR Karanganyar terkait akses material. Ada beberapa pohon yang mengganggu akses masuk ke sana,” ujar Slamet ditemui di ruang kerjanya, Rabu (26/6).


Dia menambahkan, pihak pelaksana proyek, PT Tunas Jaya Sanur, juga mengurus perizinan ke PLN, Telkom, dan Dinas PUPR. 


“Mungkin pembangunan fisik akan dimulai bulan Juli. Rekanan proyek sedang mengurus masalah perkabelan di PLN dan Telkom. Setelah itu, mereka akan ke pemerintah desa untuk memberikan pemberitahuan dan mengurus perizinan lainnya,” katanya.


Slamet menambahkan bahwa pembangunan rumah pensiun Jokowi ditargetkan selesai pada tahun 2025. Untuk tahap awal, proyek baru memasang seng sebagai pagar penutup.


“Kemarin saya tanyakan kepada kontraktor, perkiraan rumah pensiun Jokowi selesai pada tahun 2025,” ujarnya.


Bangga


“Kami sebagai warga Desa Blulukan pastinya bangga, mantan RI 1 (Jokowi) nanti akan ada di desa kami. Yang jelas nanti pastikan bahwa tetap ada kontribusi yang besar beliau (Jokowi) pada desa ini,” ujar Slamet.


“Terkait dengan apa pun beliau (Jokowi) bisa bantu kami. Notabenenya Desa Blulukan untuk masalah infrastruktur masih perlu dikerjakan sungguh-sungguh. Secara umum masyarakat Blulukan menyambut baik,” kata Slamet.


Sumber: Kumparan

Penulis blog