Rhoma Irama Ragukan Nasab Habaib di Indonesia, Dulu Mbah Moen Pernah Bilang Gini - DEMOCRAZY News
AGAMA SHOWBIZ

Rhoma Irama Ragukan Nasab Habaib di Indonesia, Dulu Mbah Moen Pernah Bilang Gini

DEMOCRAZY.ID
Juni 21, 2024
0 Komentar
Beranda
AGAMA
SHOWBIZ
Rhoma Irama Ragukan Nasab Habaib di Indonesia, Dulu Mbah Moen Pernah Bilang Gini

Rhoma Irama Ragukan Nasab Habaib di Indonesia, Dulu Mbah Moen Pernah Bilang Gini


DEMOCRAZY.ID - Polemik soal nasab habaib terkini membuat Raja Dangdut, Rhoma Irama buka suara. 


Ia turut mengomentari polemik tersebut. Rhoma meragukan nasab Ba'alawi (habaib) memiliki jalur keturunan langsung Nabi Muhammad SAW.


Tak hanya itu, Rhoma Irama bahkan tidak setuju jika Wali Songo yang menyebarkan Islam di Nusantara merupakan kelompok habaib asal Yaman.


Hal tersebut ia utarakan dalam isi siniar bersama KH Anas Kurdi.


"Saya harus mengatakan ini, yang direkomendasikan mayoritas bangsa-bangsa di dunia seperti itu, 'kan. Kemudian saya katakan tadi dalam konteks nasionalisme ini pun ada satu kekhawatiran khususnya yang muncul dari kelompok zuriah Wali Songo," kata Rhoma Irama, Jumat, 21 Juni 2024.


Menurut Rhoma, para habaib mengklaim bahwa Wali Songo merupakan Ba'alawi yang merupakan habaib. 


"Konon mereka dibikin kuburan-kuburan palsu yang telah diketahui dan dibongkar. Informasi yang telah kita lihat di media-media sosial. Klaim-klaim ini dibantah keras oleh kelompok Wali Songo bahwa mereka bukan keturunan dari Yaman, bukan dari Arab Yaman," tambahnya.


Rhoma menegaskan bahwa keluarga Wali Songo telah membantah klaim tersebut yang merupakan bagian dari Ba'alawi. 


Raja Dangdut itu juga menggugat pernyataan para habaib yang mana ada anggapan jika tanpa habaib, Indonesia tidak akan pernah merdeka. 


Ia pun menolak jika Pangeran Diponegoro merupakan kalangan habaib.


Ia juga mengatakan bahwa klaim yang dilakukan kelompok Ba'alawi menimbulkan keresahan di kalangan umat Islam. 


Rhoma bahkan menduga bahwa para habaib tak hanya sekadar mengklaim sebagai keturunan Nabi Muhammad SAW, tapi juga mau mengooptasi bangsa Indonesia.


"Seolah menafikan pejuang sesungguhnya, menafikan para wali Allah yang Wali Songo mengislamkan Indonesia jauh sebelum mereka datang ke Indonesia. Ini yang sebenarnya perlu diluruskan sehingga tidak ada lagi keresahan di kalangan umat dan bangsa. Sekali lagi saya berbicara dengan hati yang bersih tanpa kebencian," katanya.


Sementara itu, salah satu ulama kharistmatik Indonesia, marhum KH Maimoen Zubair sempat beberapa kali dalam dakwahnya membahas para habaib.


Ulama besar yang sangat dicintai masyarakat Indonesia itu diketahui sangat memuliakan para habaib, bahkan habib-habib muda. 


"Nur (cahaya) Kanjeng Nabi itu ada dua. Ada nur karena nasab, ada nur karena ilmu. Nur karena nasab ini dibawa oleh para keturunannya. Nur karena ilmu dibawa oleh para ulama. Seorang Habib walau tidak alim itu tetap membawa nur karena nasab, wajib kita hormati," kata alm. Mbah Moen seperti dikutip.


Selain itu, dalam suatu kesempatan Mbah Moen mengatakan semua Wali Songo merupakan seorang sayyid (keturunan Nabi Muhammad SAW) kecuali Sunan Muria dan Sunan Kalijaga.


"Semua Wali Songo itu merupakan sayyid atau keturunan Kanjeng Rasulullah SAW. Yang tidak sayyid hanya dua: Sunan Muria dan Sunan Kalijaga," ucap Mbah Moen.


Mbah Moen pun kerap mengimbau para santrinya untuk memuliakan para keturunan Nabi Muhammad SAW atau para habaib di Indonesia.


Jadi, kamu lebih memilih menjadi tim Rhoma Irama atau tim Mbah Moen?


Sumber: VIVA

Penulis blog