Luhut Ungkap Bakal Ada Kerjasama dengan China, Nilainya Fantastis! - DEMOCRAZY News
EKBIS

Luhut Ungkap Bakal Ada Kerjasama dengan China, Nilainya Fantastis!

DEMOCRAZY.ID
Juni 26, 2024
0 Komentar
Beranda
EKBIS
Luhut Ungkap Bakal Ada Kerjasama dengan China, Nilainya Fantastis!

Luhut Ungkap Bakal Ada Kerjasama dengan China, Nilainya Fantastis!


DEMOCRAZY.ID - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan membeberkan alasan Indonesia bisa menggaet berbagai jenis kerja sama dengan negara lain, salah satunya adalah dengan China.


Luhut mengungkapkan kunci sukses kerja sama Indonesia dengan China yang juga menghasilkan investasi di dalam negeri didasarkan oleh perencanaan dan eksekusi yang baik. 


"Itulah yang kami lakukan pada kunjungan ke Tiongkok dua minggu lalu, mendorong implementasi beberapa proyek kerjasama antara kedua negara mitra, Indonesia dan Tiongkok," ujar Luhut sebagaimana diunggah dalam akun Instagram resminya @luhut.pandjaitan, dikutip Rabu (26/6/2024).


Luhut mengungkapkan kerja sama antara Indonesia dengan China yang dijalin salah satunya adalah perihal rencana ekspor durian dari Indonesia ke China yang diklaim nilainya mencapai US$ 7-8 miliar setara Rp 115-131,5 triliun (asumsi kurs Rp 16.437 per US$).


"Mungkin pada aneh soal durian, US$ 7-8 miliar mereka impor. Kalau Anda bayangkan satu area di Indonesia, kabupaten misalnya, produk-produknya cuma 80 ribu-100 ribu, impor US$ 100 juta durian ke Tiongkok, per tahun itu kan Rp 1,5 triliun. Itu juga membuat pemeratan ekonomi juga. Jadi jangan dianggap enteng," ungkapnya.


Selain kerja sama ekspor-impor durian, Luhut mengatakan kerja sama Indonesia dengan China juga dilakukan pada sektor energi, fasilitas kesehatan dalam negeri, serta Investasi perusahaan tekstil berskala besar.


"Yang paling menarik dan menjadi perhatian utama saya adalah rencana kerjasama pendidikan, dengan universitas-universitas terbaik di Tiongkok seperti Tsinghua dan Fudan. Sebagai negara dengan pendanaan riset terbesar kedua di dunia dengan total dana riset sebesar US$ 551,1 miliar.


"Tiongkok adalah pilihan yang masuk akal bagi Indonesia untuk bekerjasama dalam pengembangan SDM," imbuhnya.


Dengan begitu, Luhut menyebutkan diplomasi antara Indonesia dan China merupakan faktor penting keberlangsungan hubungan bilateral. 


Luhut menilai hal tersebut dibuktikan dengan keberhasilan Indonesia dan China dalam mempertahankan momentum pertumbuhan yang kuat.


"Saya berharap intensitas pembicaraan tingkat tinggi yang diikuti dengan kerja sama yang terus diperdalam di beberapa sektor, dapat membawa kemajuan bukan hanya bagi Indonesia dan Tiongkok. Melainkan juga berdampak kepada masa depan negara-negara berkembang lainnya dalam membangun komunitas," ungkapnya.


Sumber: CNBC

Penulis blog