Kata Gerindra: Cawe-Cawe Jokowi di Pilkada 2024 Tak Tabrak Konstitusi - DEMOCRAZY News
POLITIK

Kata Gerindra: Cawe-Cawe Jokowi di Pilkada 2024 Tak Tabrak Konstitusi

DEMOCRAZY.ID
Juni 25, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Kata Gerindra: Cawe-Cawe Jokowi di Pilkada 2024 Tak Tabrak Konstitusi

Kata Gerindra: Cawe-Cawe Jokowi di Pilkada 2024 Tak Tabrak Konstitusi


DEMOCRAZY.ID - Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra Andre Rosiade mengatakan cawe-cawe yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pilkada 2024 tidak akan menabrak konstitusi.


Menurutnya, dukungan Jokowi yang diberikan kepada para calon gubernur dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan menambah amunisi untuk memenangkan kontestasi politik.


"Kalau ada calon kami di Koalisi Indonesia Maju dan juga didukung Pak Jokowi, apa salahnya?" kata Andre dalam Political Show CNN Indonesia TV, Senin (25/6).


Andre yakin Jokowi tak akan melanggar aturan demokrasi dalam melakukan cawe-cawe di Pilkada serentak 2024.


"Tapi sekali lagi, tentu Pak Jokowi mendukung kalaupun memberikan dukungan tentu akan sesuai dengan konstitusi. Beliau tidak akan menabrak konstitusi. Beliau tidak akan cawe-cawe yang melanggar aturan demokrasi," ujarnya.


Andre mengatakan hal itu telah terbukti di sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) atau sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK) beberapa waktu lalu.


Jokowi, menurutnya, tidak terbukti melakukan cawe-cawe di kontestasi politik nasional.


"Dan itu faktanya. Tuduhan-tuduhan kepada Pak Jokowi di Pilpres kan sudah terbukti di Mahkamah Konstitusi bahwa Pak Jokowi tidak melakukan cawe-cawe," katanya.


Andre menilai tak ada yang salah jika Jokowi memberikan dukungan kepada kandidat yang akan diusung oleh KIM di Pilkada serentak 2024.


"Itu baik dan bagus dan menguntungkan bagi kandidat itu. Karena rakyat puas dengan kinerja Jokowi dan mayoritas rakyat akan mengikuti preferensi pilihan politik Pak Jokowi," ujarnya.


Direktur Lingkar Madani untuk Indonesia Ray Rangkuti menyebut Jokowi akan melakukan cawe-cawe terhadap putra bungsunya sekaligus Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep dan menantunya sekaligus Wali Kota Medan Bobby Nasution di Pilkada serentak 2024.


"Kalaupun Pak Jokowi menghendaki dan melakukan cawe-cawe it's ok. Tadi Andre mengatakan kalau Pak Jokowi bantu kita, kita senang saja. Artinya Pak Jokowi cawe-cawe," ujar Ray.


"Paling hebat dilakukan pada kerabat-kerabatnya. Siapa kerabatnya ya itu ada Kaesang, ada Bobby," imbuhnya.


Sumber: CNN

Penulis blog