Jabatan Orang-Orang Lingkungan Keluarga Jokowi - DEMOCRAZY News
POLITIK

Jabatan Orang-Orang Lingkungan Keluarga Jokowi

DEMOCRAZY.ID
Juni 13, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Jabatan Orang-Orang Lingkungan Keluarga Jokowi

Jabatan Orang-Orang Lingkungan Keluarga Jokowi


DEMOCRAZY.ID - Belakangan orang-orang dari lingkungan keluarga Presiden Joko Widodo atau Jokowi terus disoroti. 


Setelah anak dan menantunya, Gibran Rakabuming Raka menjadi wakil presiden terpilih, Kaesang Pangarep menjadi Ketua Partai Solidaritas Indonesia atau PSI, dan Bobby Nasution menjadi Wali Kota Medan, baru-baru ini orang di sekitar keluarganya memiliki jabatan mentereng. 


1. Sigit Widyawan (Ipar) 


Sigit Widyawan suami dari sepupu Jokowi menduduki jabatan Komisaris Independen PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI yang kini telah memasuki periode kedua. 


Corporate Secretary PT BNI Okki Rushartomo mengatakan, Sigit saat ini masih menjabat sebagai Komisaris Independen di BNI. 


Jabatan itu diberikan perusahaan ini sejak 20 Maret 2018 pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPS) Tahun 2018. 


“Dengan mempertimbangkan kompetensi, pengalaman, profesionalisme, reputasi, dan independensi yang dimiliki oleh calon komisaris independen,” kata Okki, melalui pesan tertulis pada Selasa, 11 Juni 2024. 


Sigit menikah dengan Nining Roni Widyaningsih, sepupu Jokowi.Ibu Nining adalah kakak tertua Sujiatmi, ibunya Jokowi. 


2. Joko Priyambodo (Keponakan) 


Keponakan Jokowi bernama Joko Priyambodo menduduki jabatan di perusahaan milik negara. Joko Priyambodo, merupakan putra dari menantu Idayati dan Anwar Usman.


Ia diketahui resmi menjabat sebagai Direktur Pemasaran dan Operasi PT Patra Logistik—anak perusahaan Pertamina sejak 20 Mei 2024. Adapun pengukuhan Joko Priyambodo sebagai Direktur juga dipublikasikan di situs web dan media sosial X Pertamina.  


3. Bagaskara Ikhlasulla Arif (Keponakan) 


Bagaskara Ikhlasulla Arif, ia putra dari adik bungsu Jokowi, Titik Relawati dengan Arif Budi Sulistyo. Bagaskara memegang jabatan Manager Non-Government Relations di PT Pertamina (Persero).  


Penunjukan Bagaskara sebagai Manager Non-Government Relations di PT Pertamina (Persero) dilakukan sejak Maret 2024 lalu. Sebelum di Pertamina, ia menjabat posisi penting di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI. 


Publik sempat menyoroti penunjukan keponakan Jokowi. Pada Selasa malam, 5 Juni 2024, profil Bagaskara di LinkedIn tiba-tiba hilang dan tertulis “Profil ini tidak tersedia".


4. Bobby Nasution (Menantu) 


Presiden Jokowi memiliki menantu yang menjabat di pemerintahan, yakni Bobby Nasution. Ia menantu Jokowi, suami dari Kahiyang Ayu, anak keduanya.


Bobby merupakan Wali Kota Medan sejak 26 Februari 2021 dan menjabat sebagai Wakil Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia atau HIPMI. Bobby juga telah menyatakan akan maju dalam pemilihan kepala daerah Sumatera Utara pada tahun ini dan didukung oleh Partai Gerindra dalam langkah politiknya. 


5. Anwar Usman (Ipar) 


Hakim Konstitusi Anwar Usman menghadiri sidang perdana perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Senin 29 April 2024. 


MK menggelar sidang perdana PHPU Pileg 2024 yang dibagi menjadi tiga panel Majelis Hakim yang terdiri atas tiga orang Hakim Konstitusi dengan agenda pemeriksaan pendahuluan. ANTARA FOTO/ Rivan Awal Lingga


Anwar Usman merupakan adik ipar dari Presiden Jokowi yang pernah menduduk lembaga pemerintahan Mahkamah Konstitusi (MK). Ia suami dari Idayati, adik kandung Jokowi. 


Saat menjabat menjadi Ketua MK, Anwar Usman telah mengeluarkan keputusan kontroversial, ia mengabulkan tuntutan untuk mengubah syarat usia calon presiden dan wakil presiden, sehingga Gibran Rakabuming Raka untuk maju dalam Pilpres 2024.


Anwar Usman sebagai Ketua MK periode 2023-2028 sejak 15 Maret 2023 ini akhirnya diberikan sanksi pemberhentian jabatan oleh Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) pada Selasa, 7 November 2023.


6. Kaesang Pangarep (Anak)


Kaesang Pangarep anak bungsu Jokowi menjadi kader PSI pada Sabtu, 23 September 2023, dan langsung dinobatkan sebagai Ketua Umum pada Senin, 25 September 2023. 


Kaesang Pangarep menjabat sebagai Ketua Umum PSI dari periode 2023-2028. Sebelumnya, PSI diketuai oleh Giring Ganesha dari 2019-2023.


7. Gibran Rakabuming Raka (Anak)


Komisi Pemilihan Umum atau KPU menetapkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, sebagai presiden dan wakil presiden terpilih pemenang Pilpres 2024. Penetapan itu dilaksanakan melalui rapat pleno di Kantor KPU, Jakarta Pusat pada Rabu, 24 April 2024. 


Kemenangan Prabowo-Gibran diumumkan Ketua KPU Hasyim Asyari setelah berita acara ditandatangani oleh seluruh komisioner KPU. 


Prabowo-Gibran akan menjabat untuk periode pemerintahan 2024-2029 setelah dilantik pada 20 Oktober 2024. Gibran anak sulung Jokowi, yang juga Wali Kota Solo.


Sumber: Tempo

Penulis blog