Ini 2 Proyek Mangkrak Presiden Terdahulu yang Tak Dibereskan Jokowi - DEMOCRAZY News
EKBIS

Ini 2 Proyek Mangkrak Presiden Terdahulu yang Tak Dibereskan Jokowi

DEMOCRAZY.ID
Juni 22, 2024
0 Komentar
Beranda
EKBIS
Ini 2 Proyek Mangkrak Presiden Terdahulu yang Tak Dibereskan Jokowi

Ini 2 Proyek Mangkrak Presiden Terdahulu yang Tak Dibereskan Jokowi


DEMOCRAZY.ID - Selama berkuasa Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikenal aktif membangun banyak proyek di seluruh Indonesia. 


Ada yang dibangun atas inisiatif Jokowi sendiri. Ada pula pembangunan terjadi karena melanjutkan kebijakan penguasa sebelumnya.


Akan tetapi, ada proyek terdahulu yang ditinggalkan Jokowi. Alih-alih diteruskan, proyek tersebut dibiarkan mangkrak begitu saja karena berbagai alasan.


Setidaknya ada 2 proyek mangkrak yang tak dilanjutkan Jokowi.


1. Megaproyek Hambalang


Proyek Hambalang dilaksanakan oleh Presiden SBY pada 2010 silam. Dalam perencanaan, proyek itu bakal berfungsi sebagai pusat pendidikan dan pelatihan olahraga bertaraf internasional. 


Di atas tanah 35 hektare (ha), bakal ada bangunan sport sains, asrama atlet senior, lapangan menembak, ekstrem sport, panggung terbuka, hingga volley pasir.


Untuk merealisasikan itu pemerintah mengucurkan anggaran jumbo, yakni Rp2,5 triliun. Namun selama pembangunannya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengendus adanya praktek korupsi yang dilakukan sejumlah pihak.


KPK melihat adanya 'kongkalikong' antara sejumlah pihak sejak perencanaan pembangunan proyek ini. Sejumlah nama pun terlibat dalam skandal korupsi Hambalang mulai dari eks Menpora era Presiden SBY Andi Mallarangeng, eks Direktur Operasional PT Adhi Karya (Persero) Teuku Bagus Mukhamad Noor, hingga eks Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum.


BPK menyebut kerugian negara sampai ratusan miliar. Pengusutan kasus pun dilakukan hingga membuat beberapa pejabat dan politisi diciduk KPK. 


Akibat kasus ini pengadilan meminta proyek dihentikan, sehingga menyisakan rangka-rangka bangunan yang tak dilanjutkan. 


Ketika berkuasa pada 2014, Presiden Jokowi beberapa kali mengunjungi lokasi proyek tersebut. Titik terang kelanjutan proyek pernah dimunculkannya pada 2021 lalu. Dalam pewartaan Detik.com, diketahui Jokowi punya niatan melanjutkan proyek Hambalang.


Akan tetapi, setelah tiga tahun niatan itu tercetus, tak ada lagi kabar mengenai kelanjutan proyek tersebut.


2. Jakarta Monorail


Jakarta Monorail adalah solusi untuk memecah masalah kemacetan di Jakarta yang dilakukan di era Presiden Megawati dan Gubernur Sutiyoso. Rutenya meliputi Semanggi-Kuningan dan Kampung Melayu-Roxy. Seluruhnya memiliki lintasan 29 Km.


Proyek ini bermula pada 2003 dengan peletakan batu pertama oleh Presiden Megawati. Pemrakarsa proyek ini adalah PT Indonesia Transit Central yang merupakan konsorsium bentukan Adhi Karya, Global Profex Sinergy, dan Radiant Utama.


Sedari awal, proyek ini diketahui bermasalah dari segi pembiayaan. Konsorsium kesulitan mencari sumber pendanaan. 


Kendati demikian, pada 2005 perusahaan sudah memasang tiang pancang di tengah jalan seandainya sumber pendanaan ditemukan.


Sayangnya, kendala tersebut terus berlanjut pada 2008. Sampai akhirnya, pemerintah memutuskan menghentikan proyek tersebut, sehingga hanya menyisakan tiang-tiang pancang yang berdiri tegak di tengah jalanan.


Wacana melanjutkan proyek tersebut terus bergulir dari setiap periode kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta. 


Namun, itu semua berakhir kegagalan. Hingga akhirnya, Gubernur DKI Jakarta Basuki T.P (Ahok), memutuskan tak lagi melanjutkan proyek tersebut.


Presiden Jokowi pun lebih memilih membangun moda transportasi lain, seperti MRT dan LRT daripada meneruskan proyek Jakarta Monorail.


Kabar terbaru, Pemprov DKI Jakarta berencana akan membongkar tiang monorel yang berada di antara jalur cepat dan jalur lambat Jalan Rasuna Said.Dan akan dimanfaatkan untuk memperluas lebas jalan.


Jadi, itulah 2 proyek era terdahulu yang dilanjutkan oleh Presiden Jokowi.


Sumber: CNBC

Penulis blog