Heboh! Ucapan Ultah Jokowi dari Kominfo Dikira Berita Duka, Kenapa? - DEMOCRAZY News
POLITIK TRENDING

Heboh! Ucapan Ultah Jokowi dari Kominfo Dikira Berita Duka, Kenapa?

DEMOCRAZY.ID
Juni 21, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
TRENDING
Heboh! Ucapan Ultah Jokowi dari Kominfo Dikira Berita Duka, Kenapa?

Heboh! Ucapan Ultah Jokowi dari Kominfo Dikira Berita Duka, Kenapa?


DEMOCRAZY.ID - Ucapan ulang tahun Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk Presiden Joko Widodo berhasil membuat netizen salah fokus.


 Ini karena unggahan di akun media sosial negara itu cenderung lebih menyerupai obituari alih-alih ucapan sukacita bertambahnya usia.


Keanehan ini ditangkap akun Twitter @hrdbacot hingga viral dan jadi perdebatan netizen. 


Akun HRD BACOT tersebut mempertanyakan desain unggahan itu tampak tidak cocok dengan ucapan ulang tahun.


"Coba diinget ingat lagi min design begini tuh biasanya dipakai buat event apa," tulis akun @hardbacot, dikutip Jumat (21/6/2024).


Sayangnya, setelah unggahan ini viral ucapan ulang tahun Presiden Jokowi dari Kominfo tersebut sudah dihapus, namun netizen lain yang sempat mengabadikan unggahan tersebut kembali membagikan ulang.


Tampak ucapan ulang tahun Presiden Jokowi ke-63 itu, memperlihatkan potret Jokowi dalam balutan pigura lengkap dengan bunga di berbagai sisi frame. 


Netizen yang melihat ini dibuat kaget karena desain tersebut menyerupai potret berita duka alias berita meninggal dunia.


"Aneh Kementerian Kominfo ini, sedikit rubah warna aja bikin orang kaget," komentar @Nurkiman2.


"Pengen ngucapin belasungkawa nggak sih bawaannya," timpal @ratufitri.


"Kaget dikit nggak ngaruh ya min, aku juga tadi pas lihat foto 'hah, kenapa nih?', pas baca caption 'oalah ulang tahun toh'," sahut @winteryz_coming.


Tidak hanya menyerupai ucapan belasungkawa berita duka, netizen juga menyebut unggahan tersebut menyerupai advertorial obituari atau berita kematian seseorang.


"Advertorial obituari. Bawahnya ada tulisan nama keluarga lengkap sampai cicit," ungkap @pedagang_kritik.



Melansir publikasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Surakarta, menyebutkan obituari adalah wacana yang berisi mengenai berita kematian seseorang, khususnya tokoh ternama.


Sedangkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan obituari sebagai berita kematian seseorang yang dimuat di surat kabar atau sejenisnya yang disertai dengan riwayat hidup singkat.


Berita obituari juga umumnya berisi komponen identitas tokoh yang meliputi profesi atau jabatan tokoh, usia tokoh, dan nama tokoh. 


Tujuan dari pembuatan obituari yaitu penghormatan terakhir pada almarhum, menginformasikan kepada keluarga dan teman tentang sosok tersebut hingga ditujukan untuk mendidik dan menginspirasi generasi penerus.


Sumber: Suara

Penulis blog