Gus Hotman Paris? Kontroversi Gelar Kehormatan PBNU Picu Kegaduhan Publik! - DEMOCRAZY News
AGAMA HOT NEWS POLITIK TRENDING

Gus Hotman Paris? Kontroversi Gelar Kehormatan PBNU Picu Kegaduhan Publik!

DEMOCRAZY.ID
Juni 23, 2024
0 Komentar
Beranda
AGAMA
HOT NEWS
POLITIK
TRENDING
Gus Hotman Paris? Kontroversi Gelar Kehormatan PBNU Picu Kegaduhan Publik!

Gus Hotman Paris? Kontroversi Gelar Kehormatan PBNU Picu Kegaduhan Publik!


DEMOCRAZY.ID - Jakarta, 18 Juni 2024, Jagat media sosial Indonesia digemparkan oleh kabar pemberian gelar kehormatan "Gus" kepada pengacara kondang Hotman Paris Hutapea oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).


Keputusan ini menuai kontroversi dan kecaman dari berbagai kalangan, terutama dari warga Nahdliyin (sebutan untuk anggota NU).


Pemberian gelar "Gus Hotman Paris" kepada Hotman diduga terkait dengan kerja sama PBNU dengan pengacara tersebut dalam urusan konsesi tambang.


Banyak pihak yang menilai bahwa pemberian gelar ini tidak sesuai dengan nilai-nilai dan tradisi NU yang menjunjung tinggi keilmuan agama dan moralitas.


Keputusan PBNU ini langsung menjadi trending topic di Twitter dengan tagar #GusHotmanParis.


Netizen ramai-ramai mengecam keputusan tersebut dan mempertanyakan kredibilitas PBNU sebagai organisasi Islam terbesar di Indonesia.


Menanggapi kontroversi yang semakin meluas, PBNU memberikan klarifikasi bahwa pemberian gelar "Gus" kepada Hotman Paris merupakan bentuk penghormatan atas kontribusinya dalam membantu menyelesaikan masalah hukum yang dihadapi NU.


Namun, klarifikasi ini tampaknya belum mampu meredakan kemarahan publik.


Kontroversi ini dikhawatirkan akan merusak citra NU di mata masyarakat. Selain itu, hal ini juga dapat memperburuk hubungan antara NU dengan organisasi Islam lainnya.


Apakah Anda setuju dengan pemberian gelar "Gus" kepada Hotman Paris? Sampaikan pendapat Anda di kolom komentar!



Makna Gelar Gus Lora Hotman Paris Pemberian NU


Hotman Paris Hutapea mendapat gelar Gus Lora dari Ketua Nahdlatul Ulama KH Said Aqil Siradj. Maknanya?


Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea mendapat gelar Gus Lora dari Ketua Nahdlatul Ulama (NU) KH Said Aqil Siradj. 


Pemberian gelar ini bertepatan dengan acara bertajuk 'Silaturahmi Nasional Bu Nyai Nusantara' di Surabaya, Minggu, 14 Juli 2019. 


Hotman yang diketahui sangat senang memberikan bantuan hukum gratis kepada masyarakat ini memiliki arti tersendiri dari gelar tersebut.


Dalam postingan pada 15 Juli 2019 di akun Instagram Hotman Paris, Said Aqil menyambutnya dengan sebutan Gus Lora Hotman Paris. Pasalnya, gelar itu diberikan kepada Hotman Paris karena telah berpihak kepada masyarakat, terutama wanita yang terzalimi.


Tamu kita Gus Lora Hotman Paris Hutapea


"Tamu kita Gus Lora Hotman Paris Hutapea. Advokat terkenal, lawyer terkenal yang selalu berpihak kepada kebenaran. Terutama kepada perempuan yang terzolimi, tertindas," kata Said Aqil, Minggu,14 Juli 2019.


Said mengatakan gelar yang diberikan kepada Hotman paris memiliki arti yang sesuai dengan profesinya sebagai advokat. Dalam video itu Hotman mempertanyakan arti gelar yang diberikan kepadanya.


"Pelayan, artinya melayani bukan dilayani," ujar Said menjawab pertanyaan Hotman.


Sebelumnya, Hotman Paris meminta izin kepada Pimpinan Pondok Pesantren Tebu Ireng Gus Solah di Jombang, Jawa Timur beberapa waktu lalu. 


Dalam video itu Hotman mempertanyakan apakah orang biasa menyebutnya dengan panggilan Gus, sementara dia bukanlah keturunan dari seorang kiai.


"Boleh saja, gak ada masalah," kata Gus Solah.


Sumber: Tagar

Penulis blog