Gaji Komisaris MIND ID Sentuh Rp 140 Juta, Grace Natalie Rangkap Jabatan Pasca Sukses Menangkan Prabowo? - DEMOCRAZY News
EKBIS POLITIK

Gaji Komisaris MIND ID Sentuh Rp 140 Juta, Grace Natalie Rangkap Jabatan Pasca Sukses Menangkan Prabowo?

DEMOCRAZY.ID
Juni 12, 2024
0 Komentar
Beranda
EKBIS
POLITIK
Gaji Komisaris MIND ID Sentuh Rp 140 Juta, Grace Natalie Rangkap Jabatan Pasca Sukses Menangkan Prabowo?

Gaji Komisaris MIND ID Sentuh Rp 140 Juta, Grace Natalie Rangkap Jabatan Pasca Sukses Menangkan Prabowo?


DEMOCRAZY.ID - Sosok Grace Natalie kembali menjadi sorotan lantaran kembali mendapat jabatan tinggi yaitu sebagai komisaris MIND ID. 


Padahal sebelumnya, ia juga ditunjuk menjadi staf khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kali ini berapa gaji Komisaris MIND ID yang didapatkan Grace Natalie?


Sebagai mana kita tahu Grace Natalie merupakan politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Namun pasca diberi jabatan komisaris BUMN, Grace menjelaskan dirinya tidak aktif lagi di PSI. 


Hal ini pun memancing rasa penasaran publik, apakah gaji Komisaris MIND ID cukup besar sehingga Grace Natalie memilih tidak lagi aktif berpolitik.


Penunjukan Grace sebagai Komisaris Mind ID pun menuai kritik. Pasalnya diketahui bahwa Grace Natalie merupakan tim sukses Prabowo-Gibran dalam Pemilu 2024, ia pun sukses memenangkan pasangan tersebut menjadi presiden dan wakil presiden RI selanjutnya. 


MIND ID merupakan singkatan dari Mining Industry Indonesia yang merupakan perusahaan BUMN Holding Industri Pertambangan dan Batubara. 


Sebagai komisaris MIND ID, Grace dikabarkan akan fokus mengembangkan teknologi dan inovasi di perusahaan BUMN tersebut. 


Sedangkan sebagai staf khusus presiden, Grace Natalie akan bekerja membantu presiden untuk merumuskan kebijakan dan strategi komunikasi publik.


Rangkap jabatan ini membuat publik mempertanyakan kredibilitas dan kemungkinan adanya konflik kepentingan di dalamnya. Sementara itu, ada pihak lain yang mempertanyakan berapa gaji komisaris MIND ID?


MIND ID sendiri merupakan perusahaan induk dari lima perusahaan tambang terbesar di tanah air. 


Kelima perusahaan yang berada di bawah bendera MIND ID di antaranya PT. Aneka Tambang Tbk (ANTAM), PT. Bukit Asam Tbk, PT. Freeport Indonesia, PT. Inalum (Persero), PT. Timah, dan MIND ID Trading.  Lantas, berapa gaji komisaris MIND ID?


Gaji Komisaris MIND ID


Penunjukan Grace Natalie sebagai Komisaris MIND ID diputuskan dalam RUPS Tahunan yang sudah dilaksanakan oleh MIND ID. Lalu berapa gaji yang bisa didapatkan oleh Grace Natalie setelah mendapat jabatan komisaris MIND ID?


Gaji komisaris MIND ID tertuang dalam Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-13/MBU/09/2021 tentang Perubahan Keenam Atas Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-04/MBU/2014 tentang Pedoman Penetapan Penghasilan Direksi, Dewan Komisaris, dan Dewan Pengawas Badan Usaha Milik Negara. 


Rincian gaji komisaris MIND ID diperinci, dengan perbedaan posisi. Gaji komisaris Utama sebesar 45 persen dari gaji direktur utama. Penghitungan gaji komisaris sebesar 90 persen dari gaji komisaris utama. 


Maka, gaji komisaris MIND ID bisa kita tilik ke Laporan Tahunan tahun 2019, disebutkan gaji direktur utama sebesar Rp 325 juta per bulan. 


Artinya gaji komisaris utama MIND ID adalah 45 persen dari Rp 325 juta per bulan, yakni kurang lebih sebesar Rp 146,25 juta. Lalu, gaji anggota dewan komisaris adalah sebesar Rp 131,65 juta. 


Sebelum menjadi komisaris MIND ID, jejak karir Grace diawali dari menjadi jurnalis. Ia mulai menjadi jurnalis di tahun 2018. 


Lalu ia juga menjadi pembawa berita di sebuah stasiun televisi dan sempat berpindah ke beberapa stasiun televisi. 


Selama menjadi jurnalis, Grace meliput beberapa kejadian penting di Indonesia seperti Tsunami Aceh tahun 2004 sampai ke kerusahan di Poso. 


Di tahun 2012, Grace memutuskan keluar dari dunia jurnalistik dan menjadi CEO lembaga riset dan konsultan politik, Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).


Bergabung dengan lembaga SMRC merupakan awal perjalanan Grace ke dunia politik sampai akhirnya mendirikan Partai Solidaritas Indonesia dan kini menjadi staf khusus Presiden Jokowi dan komisaris MIND ID.


Gaji Stafsus


Sejak bulan Mei 2024, Grace Natalie ditunjuk menjadi stafsus Presiden Jokowi. Selang sebulan, ia kembali mendapatkan jabatan tinggi lainnya, yaitu komisaris sebuah BUMN padahal gaji sebagai stafsus presiden juga tidak kecil.


Menurut Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 144 tahun 2015, Staf Khusus Presiden berhak menerima gaji sebesar Rp 51 juta per bulan.


Peraturan itu juga menentukan besaran gaji yang diterima Staf Khusus Wakil Presiden, wakil sekretaris pribadi Presiden, asisten, serta pembantu asisten. 


Artinya, jika memang Grace Natalie rangkap jabatan, ia bisa mendapatkan sekitar Rp 140 juta dari MIND ID dan Rp 50 juta sebagai stafsus Jokowi.


Jika ditotal, Grace Natalie bisa saja memperoleh gaji nyaris Rp 200 juta per bulan dari kedua jabatan tersebut. Demikian itu informasi gaji komisaris MIND ID.


Sumber: Suara

Penulis blog