Bukti Cinta Habaib, Jutaan Manusia Hadiri Puncak Haul Habib Abu Bakar Assegaf Gresik - DEMOCRAZY News
AGAMA DAERAH

Bukti Cinta Habaib, Jutaan Manusia Hadiri Puncak Haul Habib Abu Bakar Assegaf Gresik

DEMOCRAZY.ID
Juni 25, 2024
0 Komentar
Beranda
AGAMA
DAERAH
Bukti Cinta Habaib, Jutaan Manusia Hadiri Puncak Haul Habib Abu Bakar Assegaf Gresik

Bukti Cinta Habaib, Jutaan Manusia Hadiri Puncak Haul Habib Abu Bakar Assegaf Gresik


DEMOCRAZY.ID - Jutaan umat muslim hadiri acara Haul Habib Abu Bakar Assegaf ke-69 di Alun-alun Gresik, Jawa Timur, Senin, 24 Juni 2024.


Sejumlah tokoh habaib pun tampak terlihat di lokasi seperti Habib Rizieq Shihab dan Habib Taufiq Assegaf, Ketua Umum Rabithah Alawiyah. 


Rombongan para habaib terlihat berjalan melewati alun-alun Gresik dari kediaman Habib Abu Bakar menuju Masjid Jami'.


Para rombongan tersebut dikawal ketat Banser NU, kepolisian, Pemuda Pancasila (PP), hingga Hadrah Al Muhibbin dari Tulungagung.


Jutaan jemaah pencinta habaib itu datang tak hanya dari Indonesia, bahkan dari luar negeri. Mereka datang untuk menghadiri puncak acara Haul Al Wali Al Qutb Al Habib Abu Bakar bin Muhammad bin Umar Assegaf ke-69 di Kabupaten Gresik.


Habib Rizieq tampak memimpin doa dalam haul tersebut. Semua jemaah dengan kompak melantukan doa dan selawat dengan khusyuk.


Hal tersebut menjadi salah satu bukti bahwa masyarakat Indonesia masih memegang ajaran ulama-ulama terdahulu, yakni menghormati dan memuliakan para dzurriyah atau keturunan Nabi Muhammad SAW, yakni para habaib klan Ba'alawi.


Sementara itu, sebagaimana diketahui sejak  Imaduddin Utsmani Banten mengeluarkan pernyataan bahwa kelompok Ba'alawi atau habaib di Indonesia bukan merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW, terjadi kegaduhan di kalangan masyarakat.


Polemik pembahasan nasab itu semakin luas tatkala beberapa tokoh bahkan ulama-ulama sepuh turut bicara belakangan ini.


Banyak ulama masyhur yang menyayangkan sikap Imaduddin tersebut, salah satunya KH Miftachul Akhyar.


Rais 'Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini mengatakan hanya Imaduddin yang tidak percaya bahwa Ba'alawi merupakan keturunan Rasulullah SAW.


"Orang berfatwa sedunia mensahihkan mengisbat karena suatu hal bahwa Ba’alawi ini keturunan Baginda Nabi, tapi Imaduddin tidak percaya ini. Ilmu macam apa? Semacam ini bukan ajaran kita," kata KH Miftachul seperti dikutip dari tayangan Youtube, Selasa, 25 Juni 2024.


Ulama sepuh NU itu menjelaskan bahwa pemikiran Imaduddin Utsmani harus dilawan karena tidak sesuai dengan ajaran ulama terdahulu.


Sumber: VIVA

Penulis blog