2 Alasan Ini Bikin Anies Baswedan Laris Manis di Mata Parpol - DEMOCRAZY News
POLITIK

2 Alasan Ini Bikin Anies Baswedan Laris Manis di Mata Parpol

DEMOCRAZY.ID
Juni 16, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
2 Alasan Ini Bikin Anies Baswedan Laris Manis di Mata Parpol

2 Alasan Ini Bikin Anies Baswedan Laris Manis di Mata Parpol


DEMOCRAZY.ID - Anies Baswedan dan Jakarta seperti magnet yang sulit dipisahkan. Terbukti Anies masih dilirik lima partai yakni PKB, PDIP, PSI, dan mungkin Nasdem dan PKS.


Partai Kebangkitan Bagsa (PKB) DKI Jakarta telah mendeklarasikan dukugan Anies sebagai Cagub, bahkan sudah mempertimbangkan Ketua PSI sekaligus anak bungsu Presiden Jokowi Kaesang Pangarep sebagai cawagubnya.


Kaesang pun tidak masalah bila akan dipasangkan dengan Anies Baswedan, apalagi nama Anies berada di utrtan teratas dalam survei.


Nama Anies juga dipertimbangkan PDI Perjuangan. DPD PDIP Perjuangan DKI Jakarta sudah mengirimkan nama-nama cagub termasuk Anies ke DPP.


Wasekjen DPP PDIP Perjuangan Utut Adianto angkat bicara soal peluang partainya mendukung Anies Baswedan di pemilihan Gubernur Jakarta.


PDIP akan menimbang bobot popularitas, elektabilitas dan ideologi Anies, sebelum nantinya akan diputuskan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.


Disinggung soal ideologi Anies yang pernah berkontestasi dengan Calon Gubernur Basuki Cahaya Purnama atau Ahok di Pilkada 2017, Utut bilang Anies tak diragukan lagi merah putihnya.


Selain PKB, PDIP, dan PSI, Anies masih mungkin dilirik Nasdem dan PKS, sebagai dua parpol yang mendukungnya sebagai calon presiden pada pilpres.


Laris manisnya Anies Baswedan disebabkan dua faktor logis yang dilihat oleh parpol.


Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis Agung Baskoro mengatakan hal ini disebabkan Anies memiliki kedekatan secara personal dengan ketua umum partai di tingkat nasional maupun lokal


"Secara personal Anies sangat dekat dengan ketua umum- ketua umum partai di tingkat nasional, namun di tingkat lokal juga dekat dengan ketua-ketua partai di Jakarta. Karena selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta Anies mampu menjaga relasi dan kohesi sosial politik yang cukup baik," jelasnya.


Alasan lainnya Anies Baswedan secara ekektoral suka atau tidak faktanya Anies memiliki tingkat elektoral yang tinggi dan approval rating yang juga tinggi, bahkan hampir sama dengan Jokowi di tingkat nasional yaitu 70-80 persen.


"Dua hal itu yang sedkit banyak membuat figur Anies menjadi manis sekarang," ujarnya.


Nama Anies, imbuhnya bahkan juga mengalahkan nama mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil.


Sebelumnya, Anies Baswedan telah menyatakan kesiapannya maju Kembali di DKI Jakarta.


“Saya sampaikan bismillah kami bersiap untuk meneruskan ke periode ke dua,” ujar Anies di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan pada Jumat, 14 Juni 2024.


Sumber: AyoBandung

Penulis blog