Menteri Israel Sarankan Menjatuhkan Bom Nuklir di Gaza, Liga Arab Mengecam, Terungkap Memiliki 90 Hulu Ledak Nuklir! - DEMOCRAZY News
HOT NEWS

Menteri Israel Sarankan Menjatuhkan Bom Nuklir di Gaza, Liga Arab Mengecam, Terungkap Memiliki 90 Hulu Ledak Nuklir!

DEMOCRAZY.ID
November 06, 2023
0 Komentar
Beranda
HOT NEWS
Menteri Israel Sarankan Menjatuhkan Bom Nuklir di Gaza, Liga Arab Mengecam, Terungkap Memiliki 90 Hulu Ledak Nuklir!



DEMOCRAZY.ID - Menteri Warisan Budaya sayap kanan Israel Amichai Eliyahu menyarankan menjatuhkan bom nuklir di Gaza adalah menjadi pilihan bagi Israel untuk menghadapi ancaman dari Hamas.


Pernyataan Amichai Eliyahu saat ditanya dalam sebuah wawancara di salah satu radio Kol Berama pada hari Minggu, 5 November 2023 apakah Israel harus menjatuhkan bom atom di Gaza.


Amichai Eliyahu menjawab bahwa itu adalah sebuah pilihan, kepada The Jerusalem Post melaporkan.


Sebagai anggota partai ultra-nasionalis Kekuatan Yahudi, Eliyahu berpendapat bahwa tidak ada non-kombatan di Gaza, sehingga menggunakan hulu ledak nuklir adalah salah satu kemungkinannya.


Eliyahu bukan bagian dari kabinet perang koalisi yang dibentuk untuk mengarahkan tanggapan terhadap serangan Hamas pada 7 Oktober terhadap Israel, yang menewaskan sekitar 1.400 orang.


Dalam wawancara dengan Radio Kol Berama, sebuah stasiun radio keagamaan, Eliyahu dilaporkan mengatakan menjatuhkan bom nuklir akan menjadi salah satu pilihan untuk menghadapi pasukan Hamas di Gaza. 


Komentar Eliyahu di radio dengan cepat ditolak oleh anggota kabinet perang Israel, termasuk Benny Gantz, mantan jenderal berhaluan tengah, yang mengatakan bahwa pernyataan Eliyahu telah merusak dan lebih buruk lagi, menambah penderitaan keluarga para sandera di rumah.


”Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant menulis bahwa adalah baik bahwa mereka bukanlah orang-orang yang terlibat dalam keamanan Israel,” kata Haaretz.


Wawancara radio Eliyahu kemudian dikecam di seluruh dunia Arab akibat ucapannya tersebut.


Kantor berita Reuters melaporkan, Liga Negara-negara Arab mengatakan pernyataan Menteri Israel itu sangat mengungkap bahwa mereka memiliki senjata nuklir.


Namun dia juga menegaskan realitas pandangan rasis Israel yang menjijikkan terhadap rakyat Palestina. Bahkan Arab Saudi mengutuk pernyataan Amichai Eliyahu sangat keras.


Menurut surat kabar Saudi, kementerian luar negeri kerajaan tersebut mengatakan bahwa pernyataan tersebut menunjukkan penetrasi ekstremisme dan kebrutalan di antara anggota pemerintah Israel dan hanya menangguhkan, bukannya mengabaikan Eliyahu.


“Ini merupakan pengabaian terhadap semua standar dan nilai-nilai kemanusiaan,” kata kerajaan Arab.


Bukan hanya dari Liga Arab yang mengecam pernyataan Amichai  Eliyahu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu juga mengecam atas pernyataan menterinya tersebut.


Netanyahu dengan tajam menegur komentar tersebut, dengan mengatakan komentar tersebut tidak didasarkan pada kenyataan dan menekankan komitmen Israel untuk mematuhi hukum internasional dan menghindari kematian yang tidak perlu. 


“Pernyataan Menteri Amihai Eliyahu tidak didasarkan pada kenyataan,” kata Netanyahu dalam sebuah postingan di X, platform yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, sebelum menskors Eliyahu dari rapat kabinet. 


Meskipun menteri tersebut kemudian berpendapat bahwa komentar-komentarnya di radio bersifat metaforis, Netanyahu dengan cepat menskors Eliyahu dari rapat kabinet sampai pemberitahuan lebih lanjut.


Sementara itu Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan dia mengutuk kata-kata Menteri Amichai Eliyahu yang tidak berdasar dan tidak bertanggung jawab.


Pemimpin Oposisi Yair Lapid meminta Netanyahu untuk memecat Eliyahu dalam pernyataannya pada Minggu pagi di X, menyebut pernyataan tersebut mengejutkan dan gila dan mengatakan posisi ekstremisnya membahayakan masyarakat Israel dan cara pandangnya di seluruh dunia.


“Pernyataan yang mengejutkan dan gila dari menteri yang tidak bertanggung jawab. Dia merugikan keluarga para korban penculikan, merugikan masyarakat Israel, dan merugikan kedudukan internasional kami,” kata Lapid.


“Kehadiran ekstremis di pemerintahan membahayakan kita dan keberhasilan tujuan perang  mengalahkan Hamas dan mengembalikan orang-orang yang diculik. Netanyahu harus memecatnya pagi ini,” tambahnya.


Israel mempertahankan kebijakan untuk tidak membenarkan atau menyangkal bahwa mereka memiliki persenjataan nuklir.  


Dalam kolom Buku Catatan Nuklir mereka yang sudah lama berjalan, pakar Federasi Ilmuwan Amerika Hans Kristensen dan Matt Korda memperkirakan pada tahun 2022 bahwa Israel memiliki persediaan nuklir sekitar 90 hulu ledak. [Democrazy/DW]

Penulis blog