Tak Ada Jenazah di Makam Soekarno? Kerabat Ungkap 'Kejanggalan' Kuburan Sang Proklamator: Hanya Ada... - DEMOCRAZY News
HOT NEWS

Tak Ada Jenazah di Makam Soekarno? Kerabat Ungkap 'Kejanggalan' Kuburan Sang Proklamator: Hanya Ada...

DEMOCRAZY.ID
September 17, 2023
0 Komentar
Beranda
HOT NEWS
Tak Ada Jenazah di Makam Soekarno? Kerabat Ungkap 'Kejanggalan' Kuburan Sang Proklamator: Hanya Ada...



DEMOCRAZY.IDKejanggalan dan keanehan dari makam mantan Presiden ke-1 RI, Soekarno pernah diungkap oleh kerabatnya sendiri.


Dalam sebuah kesempatan, kerabat dekat Soekarno itu menyebut bahwa di dalam makam sang Proklamator sama sekali tak ditemukan jasad.


Diketahui makam Soekarno pernah direlokasi dan dipindahkan dan pada saat itu pula jenazahnya disebut-sebut tak ada dan hanya meninggalkan kain kafan.


Lantas, ke mana jenazah Soekarno? Simak ulasan berikut.


Kerabat Angkat Bicara


Dalam sebuah tayangan video, seorang pria bernama Eyang Jati Kusumo yang mengaku sebagai kerabat dekat Bung Karno memberi pernyataan mengejutkan tentang kondisi makam sang Proklamator.


Dilansir dari kanal YouTube Filosofi TV yang tayang pada 29 Oktober 2020 ini mengaku bahwa banyak sekali rumor tentang isu Bung Karno yang masih hidup.


"Jadi sekarang ini Bung Karno itu menjadi fenomena umum yang misterius, Bung Karno sebenarnya udah meninggal apa belum ya, masih hidup apa enggak ya," ujar Eyang Jati dikutip pada Sabtu, 16 September 2023.


Makam Dipindahkan


Lebih lanjut, Eyang Jati mengenang momen ketika dirinya ikut memindahkan makam Bung Karno. 


Diakuinya, pada saat itu kerabat mendapat bisikan untuk memakamkan ayah Megawati Soekarno Putri itu satu deret dengan ayah dan ibunya di Blitar.


"Mbak Yu-nya yang mengurus saya sejak kecil jadi dapat bisikan jika Bung Karno harus diapit oleh ibu dan bapaknya yang kini ada di Blitar itu," papar Eyang.


Tak berapa lama, acara pemindahan makam pun dilakukan. Semula dari pemakaman umum di Kelurahan Bendogerit, dan dipindah ke Jl. Ir. Soekarno No.152, Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur.


Tak Temukan Jenazah


Lebih lanjut, Eyang Jati Kusumo pun menceritakan momen ketika pemindahan makam. Termasuk kejadian unik dan aneh.


Diakuinya, pada saat itu tak ditemukan jenazah Bung Karno, bahkan bagian tulang jari sekali pun dan hanya tersisa kain kafan saja.


Hal itu diakuinya sebagai rahasia yang selama ini dipendamnya dan baru dibongkar ketika ia melakukan wawancara bersama kanal YouTube tersebut.


"Terus mau dipindah ke atas yang mimpin upacara itu orang Bali, saya kan ngambil (jasad), gak ada sama sekali, tulang jari satu pun tidak ada hanya kain saja, baru kali ini saya berani membuka ya," tegasnya.


Rumor Masih Hidup


Diketahui sebelumnya, muncul rumor bahwa Bung Karno belum meninggal dan masih berada di salah satu kota di Lampung.


Hal itu berdasarkan kesaksian Mbah Ismoyo, pria lanjut usia yang mengaku pernah bertemu langsung dengan Soekarno.


"Pernah bertemu Bung Karno secara langsung, Kung dulu?" tanya reporter dikutip dari kanal YouTube Ngaji Roso pada Minggu, 4 Desember 2022.


Mbah Moyo pun membenarkan hal bahwa dirinya memang pernah bertemu dengan pahlawan negara, Soekarno.


"Terus seperti Bung Karno itu sekarang masih hidup atau sudah meninggal, Kung?" tanya reporter lagi.


"Masih hidup mas, ada di Lampung, ada di Wono bambu seribu," jawabnya disertai senyum.


Namun, hal itu masih rumor semata. Diketahui Soekarno dikabarkan meninggal pada 21 Juni 1970 dan dimakamkan di Blitar, tepatnya di pemakaman umum di Kelurahan Bendogerit, pada 22 Juni 1970.


Kemudian direlokasi ke Jl. Ir. Soekarno No.152, Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur. 


[VIDEO]



[Democrazy/Hops]

Penulis blog