Prabowo Akhirnya Buka Suara Isu Cekik Wamen di Istana - DEMOCRAZY News
POLITIK

Prabowo Akhirnya Buka Suara Isu Cekik Wamen di Istana

DEMOCRAZY.ID
September 19, 2023
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Prabowo Akhirnya Buka Suara Isu Cekik Wamen di Istana



DEMOCRAZY.ID - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto membantah isu liar di media sosial terkait dirinya terlibat ketegangan dengan Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi di sebuah rapat kabinet. Prabowo mengaku tidak pernah bertemu dengan Harvick.


Prabowo menjawab pertanyaan itu saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pabrik senjata PT Pindad di Bandung, Jawa Barat, Selasa (19/9/2023). Prabowo berdiri di samping Jokowi.


"Ya ditanyakan lah. Dalam situasi politik seperti ini, pasti banyak isu-isu seperti itu. Jadi tolong di kroscek kebenarannya," kata Jokowi menjawab pertanyaan wartawan soal isu liar Prabowo menampar Wamentan.


Prabowo pun tertawa mendengar pertanyaan itu. Dia kemudian mengaku belum pernah bertemu dengan Harvick.


"Saya ketemu aja belum sama wamennya itu ha-ha-ha," kata Prabowo.


"Ketemu aja kan beliau menyampaikan ketemu aja kan," timpal Jokowi.


"Nggak pernah tuh. Selalu menterinya saya (ketemu). Nggak pernah (wamennya)," kata capres dari Partai Gerindra itu.


Bantahan Kementan


Kementan menegaskan Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi tidak menghadiri ratas di Istana mewakili Mentan dalam waktu 10 hari terakhir.


"Kami sudah cek agenda Wamentan dalam 10 hari terakhir, tidak ada agenda beliau hadir mengikuti Ratas di istana mewakili Bapak Mentan SYL," kata Arief Cahyono, Ketua Kelompok Substansi Pemberitaan dan Strakom, Setjen Kementan dalam keterangan pers, Senin (18/9).


Arief menambahkan tidak mungkin ada agenda Ratas yang tidak melalui tata keprotokolan di Kementan, sehingga munculnya berita yang beredar tidak sesuai dengan informasi yang terjadwal dalam agenda pimpinan Kementan.


Arief juga menegaskan keterangan pers Kementan sekaligus membantah gosip Prabowo menampar Wamentan. "Iya terkait berita yang ramai itu," katanya.


Relawan ke Bareskrim Adukan Hoaks Prabowo Cekik Wamen di Istana


Kelompok Relawan Indonesia Bersatu mengadukan dugaan penyebaran hoaks ke Bareskrim Polri, terkait Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang disebut mencekik seorang wakil menteri.


Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lisman Hasibuan mengatakan pihaknya sengaja mengadukan kasus dugaan penyebaran hoaks itu lantaran dianggap telah mengganggu pemerintahan.


"Saya sebagai Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu akan melaporkan beberapa penyebar berita hoaks yang menyerang dari pada instrumen negara yaitu Menteri Pertahanan," ujarnya kepada wartawan di Bareskrim Polri, Selasa (19/9).


Melalui pengaduan tersebut, Lisman berharap Bareskrim Polri dapat segera memanggil dan menindak para pelaku yang terlibat dalam dugaan penyebaran hoaks tersebut. Terlebih ia menilai penyebaran hoaks itu dilakukan secara terstruktur dan sistematis.


"Kami minta kepada Bareskrim Polri untuk tindak tegas, memanggil pihak-pihak terkait penyebaran berita hoaks kepada Bapak Menhan," jelasnya.


Dalam pengaduan tersebut ia juga bakal menyerahkan sejumlah bukti video terkait. Salah satunya video yang diunggah oleh akun YouTube Seword TV.


"Ini bukti ada beberapa pernyataan yang sudah disampaikan juga di Seword TV," ujarnya. [Democrazy/CNN]

Penulis blog