KISAH Svetlana Njoto Anak Petinggi PKI Bisa Bertahan Hidup Usai Tragedi G30S: Puluhan Tahun Tidak Boleh... - DEMOCRAZY News | Berita & Politik Indonesia

Breaking

logo

KISAH Svetlana Njoto Anak Petinggi PKI Bisa Bertahan Hidup Usai Tragedi G30S: Puluhan Tahun Tidak Boleh...

KISAH Svetlana Njoto Anak Petinggi PKI Bisa Bertahan Hidup Usai Tragedi G30S: Puluhan Tahun Tidak Boleh...



DEMOCRAZY.ID - Tragedi berdarah G30S atau Gerakan 30 September yang dilakukan oleh para PKI terhadap 6 jenderal dan 1 perwira di Indonesia masih menyisakan kenangan pahit, terutama bagi Svetlana Njoto yang merupakan anak dari Njoto sang pendiri PKI.


PKI merupakan Partai Komunis Indonesia yang memiliki tujuan pemberontakan untuk menggulingkan pemerintahan Soekarno dan menjadikan Indonesia sebagai negara komunis.


Usai para jenderal disandera dan dibunuh secara sadis, para pendiri sekaligus petinggi PKI dimusnahkan, termasuk ayah Svetlana Nyoto.


Pada saat kejadian tersebut, Svetlana yang kala itu masih remaja harus bisa bertahan hidup meski kedua orang tuanya ditahan. Bahkan, ibunya meminta dirinya untuk membuang namanya karena beberapa alasan.


"Ketika saya harus menyembunyikan identitas diri saya berpuluh tahun, saya tidak boleh dilarang oleh ibu saya menggunakan nama saya. Nama saya Svetlana sangat Rusia, ibu saya takut jadi saya harus membuang nama saya," ungkap Svetlana Njoto dikutip dari akun TikTok @bung_ahmad99 pada Selasa, 19 September 2023.


Tak hanya itu, ketika ayahnya menghilang dan ibunya ditahan oleh pemerintah, ia harus hidup menumpang di rumah orang lain.


"Kemudian, ayah saya hilang, ibu saya ditahan, saya tinggal dengan orang lain, dengan keluarga yang berbaik hati masih mau menerima kam," ujar Svetlana.


Namun, pada saat tinggal bersama sanak keluarganya tersebut, Svetlana Njoto harus bisa menyembunyikan identitasnya yang merupakan anak petinggi PKI.


"Tetapi satu-satunya balas budi yang bisa saya berikan adalah tidak memberitahukan kepada siapapun juga siapa saya. Jadi saya menyembunyikan itu semua bukan karena saya takut sebetulnya, karena saya juga bangga menjadi anak bapak saya," tuturnya.


Alasan mengapa dirinya harus menyembunyikan identitasnya adalah agar orang-orang yang masih berbaik hati mengijinkannya tinggal bia tetap hidup aman.


"Saya harus menjaga bagaimanapun juga mereka-mereka yang sudah sudi merawat kami saya dan adik-adik saya, kami tujuh bersaudara saya anak sulung, saya menjaga supaya jangan sampai mereka yang merawat saya itu tidak terkena dampak dari stigma yang diberikan kepada saya," ucap Svetlana.


Karena terus menyembunyikan identitasnya tersebut, Svetlana Njoto tidak bisa melakukan apa yang diinginkan.


"Saya tidak bisa ikut misalnya di dalam lomba-lomba atau apa kira-kira akan kemudian terpublikasikan karena itu tadi, karena saya sangat khawatir diketahui latar belakang saya," pungkas Svetlana Njoto. 


[VIDEO]


@bung_ahmad99 PERSAHABATAN SVETLANA NJOTO ANAK PETINGGI PKI DAN CATHERINE PANDJAITAN ANAK D.I PANDJAITAN #TeamCentury12 #EndlessJourney #pahlawan #sejarah #g30spki #pahlawanrevolusi #pandjaitan #pancasila #aremania #lesti #kdrt #pssi ♬ Yasir Lana - Ai Khodijah

@bung_ahmad99 Membalas @ffazruel RAMEIN BIAR KITA LANJUT ๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™#TeamCentury12 #EndlessJourney #g30spki #sejarah #pahlawanrevolusi #pandjaitan #pancasila #pssi #arema #football #timnasindonesia ♬ Yasir Lana - Ai Khodijah

@bung_ahmad99 persahabatan SVETLANA NJOTO ANAK PETINGGI PKI DAN CATHERINE PANDJAITAN ANAK D.I PANDJAITAN #TeamCentury12 #pahlawan #g30spki #sejarah #pahlawanrevolusi #pancasila #arema #pssi #football #timnasindonesia ♬ Yasir Lana - Ai Khodijah


[Democrazy/Hops]

BERITA TERKAIT

Tidak ada komentar: