Ratusan Purnawirawan TNI-Polri dan ASN Jabodetabek-Banten Kompak Dukung Anies di Pilpres 2024 - DEMOCRAZY News
POLITIK

Ratusan Purnawirawan TNI-Polri dan ASN Jabodetabek-Banten Kompak Dukung Anies di Pilpres 2024

DEMOCRAZY.ID
Agustus 28, 2023
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Ratusan Purnawirawan TNI-Polri dan ASN Jabodetabek-Banten Kompak Dukung Anies di Pilpres 2024



DEMOCRAZY.ID - Sebanyak 264 pensiunan TNI-Polri dan aparatur sipil negara (ASN) mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) pada 14 Februari 2024 mendatang.


Mereka tergabung dalam Forum Purnawirawan TNI-Polri dan ASN untuk Perubahan (FP2) Wilayah Jabodetabek dan Banten.


Koordinator FP2 Marsekal Muda TNI (Purn) Iman Sudrajat bertekad akan memenangkan Anies dalam Pilpres 2024 mendatang.


Caranya dengan melakukan pendekatan lewat masyarakat bawah atau akar rumput secara langsung.


Mereka akan menyerap aspirasi masyarakat, termasuk keluh kesah soal tingginya harga sembako.


Nantinya, tim yang dibentuk akan melakukan propaganda politik dengan menawarkan konsep-konsep perubahan.


“Kami akan membuat tim untuk masuk ke desa, kemudian ada tanggung jawab kami bersama, baik itu (purnawirawan) perwira tinggi, bintara, tamtama,” kata Iman saat deklarasi dukungan kepada Anies di kawasan Jatiasih, Kota Bekasi pada Senin (28/8/2023).


“Di mana pun saya sedang nge-bakso, saya akan nanya ke tukang bakso, apa yang akan dirasakan? Mungkin beli sembako mahal dan sebagainya, (nanti) masuklah barang itu yang artinya konsepsi perubahan,” lanjut Iman.



Tidak hanya Anies, FP2 juga sepakat untuk memenangkan calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Demokrat, NasDem dan PKS.


Ketiga partai yang tergabung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) itu kompak mengusung Anies Baswedan saat Pilpres 2024.


“Saya rasa sepakat, tidak hanya Presiden yang kami perjuangkan, tapi calon legislatifnya kami perjuangkan, terutama dari Partai yang tergabung dalam KPP, yakni Demokrat, NasDem dan PKS,” ujarnya.


Dia menegaskan, kondisi bangsa Indonesia saat ini sedang tidak baik-baik saja, sehinigga dukungan para purnawirawan TNI-Polri dan ASN untuk Anies Baswedan merupakan bentuk keprihatinan atas kondisi bangsa.


Kondisi ini, kata dia, baik dari sektor ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, ketahanan dan keamanan (ipoleksosbudhankam).


“Aspek ideologi misalnya, kondisi saat ini Pancasila bisa diperas menjadi tiga sila, lalu diperas lagi menjadi satu sila yakni gotong royong sehingga, ke depan kehidupan berbangsa dan bernegara ini bisa tidak lagi dilandaskan lagi pada Pancasila,” jelas Iman.



Di lokasi yang sama Ketua Forum Purnawirawan Perwira Tinggi TNI-Polri untuk Perubahan (FP3), Letjen TNI (Purn), Ediwan Prabowo menegaskan, deklarasi dukungan Purnawirawan itu merupakan sikap dan komitmen purnawirawan atas kondisi bangsa saat ini.


Pertama, pihaknya menghendaki Pemilu 2024, sebagai pesta demokrasi berlangsung aman, damai, tertib, jujur dan demokratis serta tepat waktu.


Kedua, purnawirawan menyatakan sikap, bahwa melalui ajang pemilu, ini harus kita perjuangkan untuk perubahan Indonesia yang lebih baik ke depan.


“Ini nilai tertinggi yang kita perjuangkan bersama,” ujar mantan Sekjen Kementerian Pertahanan RI ini.


Untuk itu, lanjutnya, dalam memperjuangkan perubahan tersebut para purnawirawan berkomitmen untuk berjuang memenangkan Bacapres dari KPP, Anies Baswedan, termasuk para caleg yang ada di dalamnya.


Adapun deklarasi Forum Purnawirawan TNI-Polri dan ASN untuk Perubahan wilayah Jabodetabek dan Banten itu dihadiri 264 purnawirawan lintas angkatan dan lintas matra.


“Kami akan mendukung Pak Anies Baswedan sebagai calon presiden dalam Pemilu 2024. Tentunya bersama cawapres yang nanti akan beliau umumkan, dengan harapan kepemimpinan beliau bisa membawa Indonesia lebih baik dan sejahtera,” katanya. [Democrazy/Tribun]

Penulis blog