EDUKASI HOT NEWS POLITIK TRENDING

Kisah Mahfud MD Belajar 3 Tahun di Kuburan China: Nanti Begitu Tidur…

Democrazy News Indonesia
Maret 13, 2024
0 Komentar
Beranda
EDUKASI
HOT NEWS
POLITIK
TRENDING
Kisah Mahfud MD Belajar 3 Tahun di Kuburan China: Nanti Begitu Tidur…


DEMOCRAZY.ID - Jauh sebelum menjadi Menkopolhukam seperti sekarang, Mahfud MD ternyata pernah melewati masa-masa sulit.


Bahkan, saking susahnya, ia pernah terpaksa belajar di kuburan Cina loh. Kok bisa?


Dikutip dari chanel YouTube Skretariat Kabinet, Mahfud MD mengatakan, bahwa masa-masa sulitnya itu terjadi sejak dirinya masih kecil.


Keadaan tersebut berlanjut sampai usianya beranjak dewasa.  


“Waktu saya SMA itu saya itu kan keluarga miskin ya, sehingga ketika ya miskin benar sih ngak. Tapi ya golongan ekonomi lemahlah orangtua,” katanya dikutip pada Selasa, 30 Mei 2023.


Mahfud lantas mengenang salah satu pengalamannya ketika terpaksa belajar di kuburan Cina.


“Ketika saya sekolah itu di Jogja itu kan kosnya ngontrak, ngontrak rumah di kampung yang dindingnya gedek, tanahnya itu ya tanah biasa, belum di semen. Lampunya lampu templok, ya agak kumuh,” tuturnya.


Nah karena kondisi yang kurang nyaman untuk belajar, Mahfud MD kemudian memilih kuburan Cina sebagai tempat menimba ilmu.


“Nah di dekat kos saya itu ada bong, bong sebutannya kuburan Cina. Tempat itu malah dirawat sama orang, lampunya nyala, dibersihkan tiap hari sehingga saya merasa dari pada belajar di tempat kos, tempatnya nggak nyaman, ya mending di kuburan Cina, bersih bisa tidur-tiduran,” jelasnya.


Biasanya, selain belajar, Mahfud MD juga sering istirahat di area pemakaman tersebut.


“Nanti begitu tidur satu jam belajar lagi. Nah itu terjadi di tahun 1975 sampai 1977. Jadi tiga tahun belajar di kuburan Cina,” katanya.


Lebih lanjut mantan hakim MK itu menilai, belajar zaman dulu jauh lebih sulit ketimbang sekarang.


“Kalau dulukan pinjam buku tinggalkan kartu lalu suruh bawa pulang, kalau telat denda. Sehingga bawa buku dibawa betul, dibaca,” katanya.


“Nah kalau sekarang kan bagus, ada online tapi malah nggak belajar. Kalau dulu bawa buku harus baca betul. Nah itu yang saya lakukan di kuburan Cina,” sambungnya. [Democrazy/Haluan]