POLITIK

Pengamat Ungkap Alasan Puan Maharani Kurang Moncer Dibandingkan Ganjar Pranowo

DEMOCRAZY.ID
Maret 18, 2023
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Pengamat Ungkap Alasan Puan Maharani Kurang Moncer Dibandingkan Ganjar Pranowo


DEMOCRAZY.ID - Elektabilitas Puan Maharani sebagai kandidat capres dari kubu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), hingga saat ini selalu tertinggal jauh dibanding Ganjar Pranowo.


Padahal, Puan Maharani sendiri merupakan kandidat yang diusung dari elit partai. Bahkan anak mantan presiden itu sudah memulai upaya mempromosikan dirinya beberapa tahun kebelakang.


Kurang moncernya Puan Maharani ketimbang Ganjar Pranowo tersebut tentu menjadi tanda tanya. Sebab cucu Soekarno itu, bukanlah pemain baru di kancah perpolitikan Indonesia.


Sebut saja, dia pernah menjadi Menteri pada masa pemerintahan Jokowi di periode pertama, merupakan salah satu petinggi partai PDI-P, dan saat ini menjabat sebagai Ketua DPR RI.


Lantas apa yang membuat elektabiltas Puan Maharani tidak sebagus Ganjar Pranowo dalam kontestasi kandidat Capres di pemilu 2024 mendatang.


Direktur Eksekutif Politika Research dan Consultant (PRC), Rio Prayogo mengungkapkan alasan kenapa Puan Maharani kurang moncer ketimbang Ganjar Pranowo.


Menurut Rio Prayogo, Puan Maharani yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPR RI jarang sekali terlihat dalam pembicaraan yang menyangkut persoalan masa depan Indonesia.


“Dia sebagai pemimpin di DPR misalnya, tidak banyak mengambil peran terlibat dalam pembicaraan yang membahas tentang narasi-narasi besar kebangsaan,” ucap Rio Prayogo, dikutip dari kanal Youtube Total Politik.


Minimnya Puan Maharani mengambil peran dalam hal tersebut, menurutnya membuat publik tidak tahu. 


Padahal, sebetulnya publik membutuhkan dan ingin mengatahui pemikiran-pemikirannya.


Jikapun ada Puan Maharani membicarakan tentang narasi kebangsaan dalam momen tertentu, menurut Rio tim media dari Puan Maharani tidak bekerja dengan baik untuk mensosialisasikannya.


“Secara teknis harus diakui tim media nya kurang agresif dalam menyampaikan apa-apa yang menjadi buah pikiran dari Puan Maharini, sebagai politisi, Ketua DPR, sebagai elite partai PDI-P,” jelasnya.


Disisi lain, dari hasil survei, Rio mengatakan bahwa elektabilitas Ganjar Pranowo terletak pada sisi kepemimpinannya. Meskipun narasi-narasi yang dilahirkannya tidak menjadi besar.


“Tetapi setidaknya, orang itu memahami bahwa Ganjar itu  giat sekali membangun narasi-narasi di media sosial, medsosnya jalan,” sebutnya.


Dengan keaktifan Ganjar Pranowo di media sosial tersebut, akhirnya membuat masyarakat merasa lebih dekat dan mengetahui kepentingan atau apa yang menjadi alasan masyarakat memilihnya.


Selain itu, menurutnnya Ganjar Pranowo juga memiliki relawan yang banyak, sehingga menjadi salah satu kekuatan yang mempopulerkan apa-apa yang telah dikerjakannya. [Democrazy/HH]

Penulis blog