Kenapa Sih PDIP Ngotot Tolak Israel, Simak Ini Auto Nggak Penasaran - DEMOCRAZY News | Berita dan Politik Indonesia

Breaking

logo

Kenapa Sih PDIP Ngotot Tolak Israel, Simak Ini Auto Nggak Penasaran

Kenapa Sih PDIP Ngotot Tolak Israel, Simak Ini Auto Nggak Penasaran


DEMOCRAZY.ID - Kamu penasaran nggak dan ngerasa aneh nggak sih manuver PDIP bersikap tolak Timnas Israel main di Piala Dunia U20 di Indonesia.


Tahu kan pernyataan dua kepala daerah dari PDIP, Gubernur Ganjar Pranowo dan Gubernur I Wayan Koster, isu penolakan Timnas Israel makin panas.


Endingnya FIFA putuskan coret Indonesia tuan rumah Piala Dunia U20 2023. Kalau bingung kenapa begitu, simak nih analisa dari pengamat politik Tony Rosyid.


Tony mengatakan teorinya keputusan parpol itu adalah langkah politik. 


Dia mengatakan dalam barisan yang tolak Timnas Israel di Piala Dunia U20, ada PKS, ormas Islam dan PDIP.


Kalau PKS dan ormas Islam, jelas Tony, kan publik paham dan nggak ngerasa aneh. 


Sebab PKS dan ormas Islam memang sudah jadi pionir untuk demo bela Palestina dan kecam Israel.


Kata Tony, para pendemo Israel umumnya memang konstituen PKS. Secara politik, demo Israel juga boleh dianggap sebagai upaya PKS merawat dan mengakomodir konstituennya.


"Sementara PDIP? Ini menimbulkan banyak pertanyaan publik. Mendadak muncul dan menolak tim U20 Israel. Kemudian ini menjadi isu besar, mengalahkan gaungnya PKS dan ormas-ormas Islam yang selama ini, entah ratusan atau mungkin ribuan kali melakukan protes terhadap dunia atas aneksasi Israel tersebut," tulis Tony dalam tulisannya, Kamis 30 Maret 2023.


Publik pun bertanya-tanya, apakah penolakan PDIP atas Timnas Israel itu ada hubungannya dengan Pilpres 2024?


"Jika Pemilu sudah dekat, biasanya memang banyak parpol dan politisi yang melakukan manuver secara mengejutkan. Terasa aneh dan ganjil. Namanya juga manuver. Bisa saja PDIP ingin mengambil hati kelompok Umat Islam yang selama ini anti Israel. PDIP mencoba masuk dalam isunya umat Islam," tulis Tony.


Atau jangan jangan, tulis Tony, ada kepentingan lain di luar elektoral Pemilu. Apakah penolakan PDIP terhadap tim U-20 Israel adalah bagian dari perang global Amerika-China? Israel dianggap bagian dari sekutu Amerika, sedang PDIP dekat dengan China.


"Kehadiran PDIP seolah mewakili kepentingan China untuk melawan Amerika. Dugaan ini juga tidak menutup kemungkinan ada," kata Tony.


Ada pula spekulasi manuver PDIP tolak Timnas Israel di Piala Dunia U20 ini sudah dikalkulasi dampaknya. 


Partai pemerintah itu, kata Tony, mungkin sudah mengkalkulasi dampaknya memang FIFA batalkan Indonesia jadi tuan rumah.


"Boleh jadi PDIP tidak ingin Jokowi memberi panggung kepada orang-orang binaannya di pagelaran World Cup U-20 2023, seperti Erick Thohir selaku Ketua PSSI, juga tokoh yang lain," tulisnya.


Namun demikian, Tony menekankan, dugaan itu adalah masih sebatas spekulasi. 


Yang pasti, langkah PDIP menolak Israel adalah langkah yang sudah dihitung untung ruginya secara politik. Karena PDIP adalah partai politik.


Efek buruk dari manuver ini, Indonesia batal jadi tuan rumah, dan sanksi akan dijatuhkan FIFA.


Dampak lainnya, Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI dinilai gagal, Presiden Jokowi dinilai tidak kuat dilomasia dengan FIFA.


Nah menurut kamu bagaimana nih dengan manuver PDIP tolak Timnas Israel ini. [Democrazy/HH]

BERITA TERKAIT

Tidak ada komentar: