HUKUM

5 Hukuman Mati Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah Dunia

DEMOCRAZY.ID
Maret 18, 2023
0 Komentar
Beranda
HUKUM
5 Hukuman Mati Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah Dunia


DEMOCRAZY.ID - Jika membicarakan mengenai hukuman mati, selama ini masyarakat Indonesia hanya mengenal eksekusi dengan tembakan.


Namun sebenarnya, jauh lebih lama sebelum itu, hukuman mati di dunia bentuknya lebih beragam. Meskipun, pada akhirnya semua hukuman mati ini punya tujuan yang sama yakni untuk memberikan efek jera terhadap masyarakat.


Ini dia 7 jenis hukuman mati yang paling kejam di dunia. 


Hukuman mati yang paling mengerikan sepanjang sejarah ini bakalan membuat Anda ketakutan ketika mendengarnya.


1. Poena Cullei

Poena Cullei merupakan hukuman mati di zaman Romawi kuno. Hukuman ini juga dikenal dengan hukuman karung dan diberikan pada mereka yang tega membunuh orangtuanya.


Adapun metodenya adalah orang yang diberikan hukuman mati akan dimaukan ke dalam karung bersama dengan beberapa hewan seperti ayam jantan. Monyet, ular berbisa, dan seekor anjing.


Lalu karung tersebut akan dibuang ke laut atau sungai. Dengan cara ini si pelaku memiliki banyak kemungkinan mati, mulai dari digigit ular berbisa atau diserang oleh hewan lainnya.


2. Skafisme atau Scaphism

Scaphism atau Skafisme adalah salah satu metode hukuman mati yang disebut paling buruk dan paling menyakitkan di dunia, digunakan oleh orang Persia pada zaman dahulu. 


Terdakwa yang dihukum mati dengan cara ini akan diikat di atas perahu atau batang pohon yang sudah dilubangi. 


Kemudian tahanan akan dicekoki dengan susu dan madu yang menyebabkan diare parah. Tak hanya itu, susu dan madu juga dioleskan di perahu yang dilarungkan ke perairan tenang di bawah terik matahari. 


Hal ini akan menarik banyak perhatian serangga karena aroma yang bercampur antara manis dari susu dan madu, serta bau busuk dari kotoran manusia yang diare.


Kemudian orang itu akan mati secara perlahan karena dehidrasi dan luka akibat gigitan atau sengatan para serangga. 


3. Strappado 

Strappado adalah hukuman yang berasal dari abad pertengahan hingga abad ke-21.


Hukuman Strappado adalah hukuman kejam yang menyiksa seseorang dengan cara menggantung pergelangan tangan di belakang kepala.


Hukuman Strappado akan menyebabkan dislokasi bahu yang sangat menyakitkan. Namun jika tidak terjadi hal itu, maka beban dapat ditambahkan.


4. Drawing and Quarteting

Hukuman drawing and quarteting adalah salah satu jenis hukuman mati yang paling kejam, tidak biasa, dan paling terkenal. 


Metode hukuman Drawing and Quarteting yaitu terdakwa akan ditarik, tubuhnya diikat ke kuda, dan diseret ketiang gantungan. 


Ada juga yang mengikatnya menjadi 4 bagian, kemudian dikaitkan ke kuda yang akan dipaksa berlari ke arah berlawanan. Hal ini yang kemudian akan menyebabkan tubuh terdakwa terbelah menjadi 4 bagian. 


Hukuman Drawing and Quarteting pertama kali dilakukan di Inggris pada abad ke-13, untuk mereka yang bersalah karena pengkhianatan terhadap kerajaan Inggris. 


Pada 1867, metode hukuman Drawing and Quarteting kemudian dihapuskan. 


5. Brazen bull

Hukuman Brazen bull dilakukan oleh masyarakat Yunani. Hukuman ini menggunakan kostum banteng yang dibuat dari logam, tubuh banteng tersebut memiliki lubang. 


Orang yang bersalah akan dimasukkan ke dalamnya, kemudian, banteng logam tersebut akan dibakar. 


Terdakwa yang dihukum akan menjerit kesakitan sehingga membuat banteng tersebut seakan-akan hidup. [Democrazy/TvOne]

Penulis blog