HUKUM

Perlu Kejujuran Pimpinan KPK, Harun Masiku Mau Ditangkap Atau Dilindungi!

DEMOCRAZY.ID
Februari 06, 2023
0 Komentar
Beranda
HUKUM
Perlu Kejujuran Pimpinan KPK, Harun Masiku Mau Ditangkap Atau Dilindungi!

Perlu Kejujuran Pimpinan KPK, Harun Masiku Mau Ditangkap Atau Dilindungi!

DEMOCRAZY.ID - Lebih 1125 hari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum berhasil menangkap Harun Masiku dengan berbagai alasannya.


Pekerjaan Rumah (PR) besar lembaga antikorupsi ini belum tuntas menunjukkan ada yang tidak efektif pada sikap pimpinan KPK atas kasus ini, sekaligus menunjukkan begitu kompleksnya masalah ini.


“Di sinilah perlu kejujuran pimpinan KPK, kenapa KPK ada kesulitan untuk menangkap Harun Masiku atau memang ada keengganan ungkap kasus ini dengan tuntas,” ujar dosen Hukum Pidana Universitas Trisakti, Azmi Syahputra dalam keterangan yang diterima wartawan, Minggu (5/2/2023).


Azmi melihat ada kesan kasus ini jalan di jalur lambat, tidak mau dituntaskan. 


Menurut dia, ketidakberhasilan KPK menyelesaikan kasus ini tentunya sangat berpengaruh terhadap kinerja KPK dan dapat dimaknai KPK belum mampu menjalankan tugas sesuai perintah Undang-Undang KPK.


“Seolah patut diduga pimpinan KPK lebih memilih pada ranah kompromistis," imbuhnya.


Padahal, pimpinan KPK semestinya bergegas pada fungsi dan tugasnya secara sungguh-sungguh, berpacu memenuhi kewajiban dan tanggung jawab serta prioritas KPK untuk menuntaskan segera PR-nya.


Disampaikan Azmi, jika ditarik kebelakang sejak awal ada kejanggalan dalam kasus ini. 


Jadi, ini bukan hanya sekedar masalah korupsi namun diduga ada upaya menutupi kebenaran termasuk rentetan kausalitas atas perbuatan atau pelaku lanjutan lain kah dari kasus ini.


Menurut dia, patut diduga pencarian ini belum maksimal seolah hanya sebuah kepura-puraan, ini jika dibiarkan lebih lama lagi akan dapat berakibat seolah ada keberpihakan KPK pada Harun Masiku dan berdampak pada rasa kepercayaan publik atas kasus belum ditangkapnya HM ini oleh KPK.


Dampak lainnya juga pada betapa buruknya risiko pada kualitas penegakan hukum termasuk dari kasus ini pula dapat dijadikan indikator apakah memang ada tujuan dari orang yang melindungi atau diuntungkannya pihak tentu dari kasus tidak tertangkapnya HM sampai saat ini.


“Karenanya KPK harus mampu membuktikan bahwa Harun Masiku untuk ditangkap segera,” kata Azmi.


Termasuk, kata dia, perlu mendorong masyarakat untuk terus menyuarakan berbagai narasi mempertanyakan pertanggungan KPK atas buronan KPK ini untuk dapat ditangkap dan diadili.


Karenanya KPK harus lebih maksimal meluaskan dalam pencariannya termasuk membangun informasi-informasi yang akurat demi mengungkap keberadaan HM. 


Apalagi, sekarang kesadaran masyarakat telah berubah memasuki era keterbukaan informasi.


“Masyarakat dapat membantu termasuk melakukan verifikasi dan validasi informasi secara cepat tanpa hambatan apapun termasuk memberikan keterangan atas diri Harun Masiku,” tandanya. [Democrazy/HN]

Penulis blog