POLITIK

Copot Marullah Matali dari Jabatan Sekda DKI, Heru Dinilai Tak Punya Etika dan Tata Krama!

DEMOCRAZY.ID
Desember 05, 2022
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Copot Marullah Matali dari Jabatan Sekda DKI, Heru Dinilai Tak Punya Etika dan Tata Krama!

Copot Marullah Matali dari Jabatan Sekda DKI, Heru Dinilai Tak Punya Etika dan Tata Krama!

DEMOCRAZY.ID - Ketua Umum Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi) Abdul Ghoni mengungkapkan bahwa dirinya sangat kecewa atas keputusan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono baru-baru ini.


Pasalnya, Heru diketahui mencopot Marullah Matali dari jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) di Provinsi DKI Jakarta.


“Saya sebagai putra Betawi dan juga Ketua Umum Forkabi kecewa sama Heru. Heru tidak boleh semena-mena, harus ada etika. Saya tersinggung,” ucap Ghoni dalam keterangannya pada Senin (05/12/2022).


Ghoni sendiri bisa marah dengan keputusan itu karena menurut pengakuannya, Marullah Matali sudah menjadi putra daerah Betawi sejak zaman Gubernur Joko Widodo hingga yang terakhir, yakni Anies Baswedan.


“Heru harusnya punya etika dan tata krama. Menjadikan Uus Plt Sekdaprov itu tak beretika,” kata dia.


Anggota DPRD DKI dari Fraksi Gerindra itu menyinggung jabatan Heru yang tidak dipilih secara langsung oleh rakyat, tetapi ditunjuk oleh presiden.


Ghoni mengaku sebagai salah satu anak Betawi yang tidak bisa menerima pencopotan Marullah Matali dari posisi Sekda DKI Jakarta.


“Ini merupakan penghinaan bagi warga Betawi. Sejak dahulu enggak ada tuh, Gubernur DKI mengganti sekda dengan pelaksana tugas (Plt). Rusak,” tuturnya.


Dia menambahkan mantan Gubernur DKI Anies Baswedan dinilai lebih menghargai masyarakat Betawi ketimbang Heru.


Sejak dilantik sebagai gubernur pada 2017, Sekda selalu putra Betawi.


“Sebelum Marulla Matali, almarhum Saefulloh Sekdaprov DKI anak Betawi. Penggantinya, juga putra asli Jakarta. Heru ini tidak perhatian dengan masyarakat Betawi,” tambah Ghoni.


Sebelumnya, Heru Budi melantik Marullah Matali sebagai Deputi Gubernur Bidang Kebudayaan dan Pariwisata di Balai Agung, Balai Kota Jakarta, pada Jumat (2/12).


Selain Marullah, dia juga melantik Uus Kuswanto sebagai Pj Sekretaris Daerah (Sekda).


Heru bilang pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini sebagai langkah Pemprov DKI Jakarta dalam mengupayakan optimalisasi pelayanan kepada masyarakat. [Democrazy/KJ]

Penulis blog