POLITIK

Blak-blakan! Refly Harun Ungkap 5 Skenario Pemerintah 'Jegal' Anies Baswedan Jelang Pilpres 2024

DEMOCRAZY.ID
Desember 16, 2022
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Blak-blakan! Refly Harun Ungkap 5 Skenario Pemerintah 'Jegal' Anies Baswedan Jelang Pilpres 2024

Blak-blakan! Refly Harun Ungkap 5 Skenario Pemerintah 'Jegal' Anies Baswedan Jelang Pilpres 2024

DEMOCRAZY.ID - Ahli Hukum Tata Negara Refly Harun secara blak-blakan mengungkap lima skenario yang bisa dipakai pihak pemerintah untuk menjegal bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan berjaya di Pemilu 2024.


"Kalau Anies itu biasa-biasa saja, pastilah tidak ada pelarangan-pelarangan seperti ini. Tapi saya pikirkan, Istana makin hari makin bergosip soal Anies ini," ujar Refly, dikutip dari kanal YouTube-nya, Kamis (15/12/2022).


"Analis-analis, relawan-relawan, pembenci-pembenci Anies, (berdiskusi) kira-kira gimana caranya untuk mematahkan kaki Anies ini," sambungnya.


Menurut Refly ada lima skenario yang dipertimbangkan untuk mencegah Anies maju ke kontestasi politik nasional, yang tentu saja memiliki resikonya masing-masing.


"Satu, jadikan Anies tersangka. Pokoknya salah nggak salah, jadikan saja tersangka, kan mudah. Nah hanya nanti akan berhadapan dengan gelombang rakyat, apakah rakyat akan terima atau tidak," ucap Refly.


Kemudian skenario kedua yang bisa dipertimbangkan adalah membujuk Partai NasDem untuk kembali ke lingkaran Istana. 


"Kasih fasilitas sebaik-baiknya, seenak-enaknya," terang Refly.


"Termasuk juga data yang pernah diungkap oleh beberapa survei Istana, bahwa NasDem terancam kehilangan pemilihnya bahkan tidak lulus parliamentary threshold," imbuhnya.


Bila dua skenario tak berhasil, ada cara ketiga dengan menggoda Partai Keadilan Sejahtera (PKS). 


Seperti dengan memberi kesempatan Prabowo Subianto untuk maju ke Pemilu 2024 berpasangan dengan Ahmad Heryawan (Aher) kendati nanti berujung kekalahan.


"Yang keempat, kasih AHY jabatan enak, pasangkan dengan Ganjar yang punya peluang untuk memerintah. Itu jauh lebih menarik barangkali bagi AHY ketimbang Anies tidak jelas apakah akan dijadikan wakil presiden atau tidak," beber Refly.


Sementara langkah terakhir yang bisa ditempuh adalah menyetop partai lain untuk berkoalisi dengan calon pendukung Anies.


"Satu diambil, cukup untuk menghilangkan Anies Baswedan," tandasnya.


Namun semua skenario ini tak akan terlaksana apabila bakal Koalisi Perubahan, yakni Partai NasDem, PKS, dan Partai Demokrat, tetap solid mendukung Anies.


Ujian terberatnya tentu di Partai NasDem yang sudah 8 tahun menjadi pendukung Presiden Joko Widodo. 


Pasalnya belakangan Partai NasDem seperti sudah siap didepak dari koalisi pemerintah karena mendeklarasikan Anies sebagai capres. [Democrazy/WE]

Penulis blog