POLITIK

MENOHOK! Kini Dukung Anies, Surya Tjandra Eks PSI Kritik Ahok soal Orang 'Pintar Ngomong'

DEMOCRAZY.ID
November 07, 2022
0 Komentar
Beranda
POLITIK
MENOHOK! Kini Dukung Anies, Surya Tjandra Eks PSI Kritik Ahok soal Orang 'Pintar Ngomong'

MENOHOK! Kini Dukung Anies, Surya Tjandra Eks PSI Kritik Ahok soal Orang 'Pintar Ngomong'

DEMOCRAZY.ID - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok menyinggung soal 'orang pintar ngomong disuruh kerja' saat menghadiri reuni relawan. 


Ucapan Ahok direspons pendukung Anies Baswedan, Surya Tjandra.


Surya Tjandra yang juga pernah memiliki kedekatan dengan Ahok menilai ucapan Ahok tidak khas sebagaimana Ahok yang dulu pernah dikenalnya.


"Itu bukan Ahok seperti yang saya kenal dulu. Ahok itu orang yang lugas, jujur, dan apa adanya. Orang yang lebih memberikan perspektif, bukan prasangka. Dan kalimat-kalimat yang bernuansa insinuasi itu bukan khas dia," kata Surya kepada wartawan, Senin (7/11/2022).


Surya mengaku masih mengagumi sosok Ahok sebagai orang yang tulus mencintai warga Jakarta. 


Dia berharap ucapan Ahok itu bukan sesuatu yang diniatkan untuk menimbulkan kegaduhan publik.


"Hingga saat ini saya masih kagum kepada Ahok. Dia tokoh yang benar-benar mencintai warga Jakarta sehingga saya berprasangka baik saja bahwa itu tidak diniatkan sebagai sesuatu yang politis dan menimbulkan polemik atau kegaduhan politik ke depannya," tutur eks Wakil Menteri ATR/BPN ini.


Namun, lanjutnya, jika membicarakan persoalan kepemimpinan dan hasil kerja di Jakarta, perlu didasarkan data dan fakta. 


Surya menyebutkan dua lembaga survei yang hasil survei terbarunya terkait tingkat kepuasan publik DKI Jakarta yang tinggi kepada Gubernur Anies Baswedan.


"Jika membicarakan prestasi kepala daerah, kan salah satu indikatornya adalah tingkat kepuasan publik. Misalnya beberapa waktu terakhir ada dari lembaga Populi Center dan Lembaga Survei Indonesia yang menyebutkan tingkat kepuasan publik Jakarta kepada Gubernur terakhir Pak Anies yang mencapai kisaran di atas 80 persen. Itu saja menurut saya," katanya.


Ahok Singgung Orang 'Pintar Ngomong'


Sebelumnya, eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyinggung soal seseorang yang pintar ngomong. 


Hal itu diucapkan saat dia menghadiri reuni relawan Pilgub DKI Jakarta 2017 di Mal Cilandak Townsquare, Jakarta Selatan, Minggu (6/11).


Ahok mengatakan itu saat menjawab pertanyaan pembawa acara soal apakah dirinya sempat melihat sumur resapan yang ada di sejumlah wilayah Jakarta.


"Kita tidak ngomong politik lah, kita nggak bicara yang ke arah politik tapi kita bersyukur 5 tahun Tuhan izinkan kasih ke orang yang pintar ngomong untuk kerja. Iya itu kita syukuri, kita bersyukur," kata Ahok.


Ahok kemudian kembali menyinggung soal seseorang yang pintar ngomong. Ia menilai seseorang yang pintar berbicara kini dianggap orang hebat.


"Dan saya bisa melihat ini secara gambar besarnya gitu ya, coba kalau kita bayangkan gitu ya tahun kemarin saya masih jadi gubernur, ini saya sudah turun ini, tapi yang pinter ngomong itu dikira orang hebat kan?" kata dia. [Democrazy]

Penulis blog