Breaking

logo

01 Agustus 2022

Pengamat Politik Ungkap Kekhawatiran Jokowi Ingin Menggembosi PDIP Melalui Cara Ini

Pengamat Politik Ungkap Kekhawatiran Jokowi Ingin Menggembosi PDIP Melalui Cara Ini

Pengamat Politik Ungkap Kekhawatiran Jokowi Ingin Menggembosi PDIP Melalui Cara Ini

DEMOCRAZY.ID - Pengamat politik Saiful Anam mengungkap kekhawatiran Jokowi ingin menggembosi PDIP melalui relawan-relawannya. Jokowi hingga kini tak kunjung membubarkan relawan.


Menjelang dua tahun berakhir masa jabatannya di periode kedua atau sudah hampir 10 tahun, Presiden Jokowi tak kunjung membubarkan relawan pendukungnya.


Bahkan, Jokowi justru terlihat terus merawat para relawannya untuk melakukan perlawanan kepada pada pengusungnya, yakni PDI Perjuangan.


“Mestinya Jokowi segera membubarkan relawan sejak ia terpilih sebagai Presiden,” ujar Saiful Anam, Senin (1/8).


Kecurigaan ini disampaikan Direktur Pusat Riset Politik, Hukum, dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI), Saiful Anam, menanggapi sikap Jokowi yang masih mengumpulkan relawan di Istana Kepresidenan Bogor pada Jumat (29/7).


Karena jika relawan masih ada, maka seolah Presiden Jokowi hanya presidennya relawan, padahal Jokowi adalah presiden seluruh rakyat Indonesia.


“Tidak hanya itu, publik makin bertanya-tanya, apakah dengan masih memelihara dan merawat relawan merupakan salah satu bentuk perlawanan bahkan penggalangan kekuatan untuk melawan parpol pengusung, dalam hal ini PDIP?” tanya doktor Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) ini.


Jika tujuannya ke arah itu, lanjut Saiful, maka perlu menjadi perhatian serius bagi PDIP. 


Jangan-jangan Jokowi ingin menggembosi PDIP melalui relawan-relawannya.


“Di mana kita tahu dalam beberapa kesempatan sering berseberangan antara relawan dengan harapan dan keinginan PDIP,” kata Saiful Anam. [Democrazy]