Breaking

logo

03 Agustus 2022

Partai Garuda: Kalau Mau, Jokowi Bisa 4 Periode!

Partai Garuda: Kalau Mau, Jokowi Bisa 4 Periode!

Partai Garuda: Kalau Mau, Jokowi Bisa 4 Periode!

DEMOCRAZY.ID - Wacana isu tiga periode atau perpanjangan masa jabatan Presiden Jokowi timbul tenggelam jelang Pemilu 2024. 


Partai Garuda punya pendapat sendiri, yaitu kemungkinan Jokowi 4 periode, asal 2 periode selanjutnya sebagai wapres.


"Keinginan agar Jokowi 3 periode sebenarnya bisa terwujud dan memiliki legalitas, tanpa harus melakukan amandemen UUD 45 dan merevisi UU Pemilu. Cukup Jokowi maju di Pemilu 2024 sebagai cawapres, maka keinginan agar Jokowi 3 periode bisa terwujud," kata Jubir Partai Garuda Teddy Gusnaidi kepada wartawan, Rabu (3/8/2022).


Menurut Teddy, wacana Prabowo-Jokowi di Pemilu 2024 sama sekali tidak melanggar UUD 45. 


Argumennya, kata dia, karena dalam UUD '45 menyebutkan jabatan, bukan orang, yaitu Presiden dan Wakil Presiden dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama hanya untuk satu kali masa jabatan.


"Jokowi malah bisa lanjut menjadi 4 periode, 2 periode sebagai Presiden dan 2 periode sebagai wakil presiden. Bedanya kalau sebelumnya sebagai pemegang kekuasaan pemerintahan, kalau lanjut maka beliau tugasnya membantu pemegang kekuasaan pemerintahan," ujarnya.


"Belum tentu Pak Jokowi mau, tapi yang jelas ini bagian dari pendidikan politik, bahwa wacana 3 periode Jokowi yang selama ini diwacanakan, itu sebenarnya bisa terlaksana secara konstitusional," pungkas Teddy.


Partai Garuda Daftar KPU


Partai Garuda telah mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilu 2024 di kantor KPU hari ini. 


Partai Garuda menargetkan bakal menguasai suara di berbagai daerah pemilihan (dapil) yang bisa 'direbut' agar bisa mencapai parliamentary threshold sebesar 4%.


"Strategi kita ke depan kita meyakini melampaui ambang batas (parliamentary threshold) sampai 6%. Bagaimana caranya, itu strategi kita enggak bisa cerita dong, tapi yang pasti kami pasca-Pemilu kemarin kita sudah memetakan dapil-dapil mana yang bisa kita curi, mana yang bisa kita rebut," kata Ketua Umum Partai Garuda Ahmad Ridha Sabana di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (3/8/2022).


Ridha menyebut sudah melakukan pemetaan soal lumbung suara yang bisa direbut Garuda di Pemilu 2024 nanti. 


Dia mengaku juga menyiapkan caleg-caleg 'kejutan' terkait strategi itu. [Democrazy]