Kunjungi Ulama, Puan Gali Fatwa Perempuan Boleh Jadi Presiden RI | DEMOCRAZY News | Indonesian Political News

Breaking

logo

28 Agustus 2022

Kunjungi Ulama, Puan Gali Fatwa Perempuan Boleh Jadi Presiden RI

Kunjungi Ulama, Puan Gali Fatwa Perempuan Boleh Jadi Presiden RI

Kunjungi Ulama, Puan Gali Fatwa Perempuan Boleh Jadi Presiden RI

DEMOCRAZY.ID - Ulama kharismatik sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Qomarul Huda Bagu, Pringgarata, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Tuan Guru Turmudzi Badarudin, mendukung Ketua DPR, Puan Maharani, untuk maju di Pilpres 2024. 


Hal itu ia sampaikan saat Puan bersilaturahmi ke Ponpes tersebut.


Lanjutkan Tradisi Hubungan Baik


“Saya datang bersilaturahmi dengan Tuan Guru Turmuzi selain melanjutkan tradisi hubungan baik dengan para ulama yang diajarkan kakek saya Bung Karno, juga menyambung silaturahmi Ibu Megawati Soekarnoputri,” kata Puan tentang kunjungannya ke pesantren Qomarul Huda, Minggu, 28 Agustus 2022.


Puan mengatakan Pondok Pesantren Qomarul Huda Bagu memiliki sejarah besar dalam moderasi Islam dan demokrasi Indonesia. 


Di tempat inilah dulu pernah digelar Musyawarah Nasional Alim Ulama Nahdlatul Ulama di Nusa Tenggara Barat pada 17-20 November 1997.


"Salah satu rekomendasi Munas tersebut adalah tentang kedudukan perempuan dalam Islam," katanya.


Kesetaraan Laki-laki dan Perempuan


Dalam pertemuan itu, Tuan Guru Turmudzi Badarudin yang mengenakan sorban, peci, dan baju serba putih menjelaskan kembali peran pondok pesantren yang dipimpinnya dalam menyelenggarakan Munas yang sangat monumental itu.


“Munas alim ulama itu seperti mengakhiri debat panjang tentang kepemimpinan perempuan dalam Islam. Munas itu mengafirmasi keseteraan antara laki-laki dan perempuan dalam Islam, juga mengakui kelebihan-kelebihan tertentu pada diri perempuan saat menjadi pemimpin," kata Tuan Guru Turmudzi.


Gali Soal Fatwa Perempuan Jadi Presiden


Tuan Guru Turmudzi yang pernah melanjutkan pendidikan agamanya di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi selama enam tahun merupakan salah satu alim ulama yang paling mendukung keputusan Munas tersebut.


“Saya datang ke Lombok ini juga ingin menggali lebih jauh lagi tentang fatwa dibolehkannya perempuan menjadi presiden di negeri kita," lanjut Puan.


Di akhir pertemuan, Tuan Guru Turmuzi mendukung dan mendoakan Puan agar memperoleh kepercayaan rakyat dalam pilpres 2024 dan mendapat ridha Allah SWT untuk menjadi Presiden Republik Indonesia.


Hadiah Kerudung Merah


Tuan Guru Turmudzi juga memberikan sebuah hadiah sebuah kerudung berwarna merah yang ia kalungkan langsung ke Puan. 


Kehadiran Puan di Ponpes Qomarul Huda Bagu turut didampingi oleh Gubernur NTB, Zulkieflimansyah. [Democrazy/viva]