Breaking

logo

19 Juli 2022

Tumben Nih! PSI Puji Anies Baswedan: Kepala Daerah Yang Paham Kerja Dunia Internasioal!

Tumben Nih! PSI Puji Anies Baswedan: Kepala Daerah Yang Paham Kerja Dunia Internasioal!

Tumben Nih! PSI Puji Anies Baswedan: Kepala Daerah Yang Paham Kerja Dunia Internasioal!

DEMOCRAZY.ID - Ketua DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DKI Jakarta, Michael Victor Sianipar memberikan pujian 'setinggi langit' terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menjadi tuan rumah bersama Provinsi Jawa Barat dalam rangkaian Youth 20 Indonesia.


Diketahui, Youth 20 atau disingkat Y20 merupakan forum bagi para pemuda dari seluruh negara anggota Presidensi G20 berkumpul, berdiskusi dan bertukar ide mengenai isu-isu kepemudaan serta menghasilkan rekomendasi kebijakan untuk diserahkan kepada para pemimpin G20.


Michael Victor Sianipar menilai, kehadiran Anies Baswedan dalam rangkaian acara tersebut memperlihatkan komitmen dari Anies Baswedan sebagai kepala daerah yang paham dengan cara kerja dunia.


"Sebagai tokoh anak muda, Gubernur Anies bukanlah orang yang asing dengan kolaborasi antarbangsa. Sudah sejak belia, profil internasionalnya terbangun," kata Michael Victor Sianipar dikutip dari artikelnya yang berjudul 'Dari Pemuda untuk Dunia' di kolom Detik.com, Selasa 19 Juli 2022. 


Michael mengatakan, sejak di bangku sekolah Anies Baswedan sudah terlibat denban profil Internasioal. 


Sebut saja di bangku sekolah menengah, waktu pendidikanya dihabiskan dalam program pertukaran pelajar di Amerika Serikat. 


"Setelah menyelesaikan studi di UGM, Gubernur Anies belajar di berbagai universitas di negara Paman Sam itu. Menghadiri konferensi dan berpidato di berbagai forum internasional pun kerap dijabaninya," tutur Michael yang juga merupakan Co-chair Y-20 Indonesia 2022 ini.


Michael menyebut, Anies layaknya sang kakeknya, Abdurrahman Baswedan yang ikut berdiplomasi meminta surat pengakuan kedaulatan Indonesia sebagai negara merdeka dari pemerintah Mesir.


"Anies pun memiliki gestur yang serupa. Dia ingin keresahan anak muda Indonesia hadir dalam percakapan forum pemimpin dunia G20. Kepemimpinan daerah yang memiliki sentuhan internasional ini sangat dibutuhkan dalam membangun kolaborasi antarbangsa," katanya.


"Gubernur Anies tampak ingin membuktikan DKI Jakarta sebagai kota kolaborasi, di mana ide-ide besar dilahirkan, diuji, dan diwujudkan," tutur Michael.


Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berpidato dengan menggunakan Bahasa Inggris di depan delegasi Summit Y20 Indonesia 2022. Pidato Gubernur Anies memukau para delegasi Y20 yang hadir di Kempinski, Jakarta, Senin 18 Juli 2022.


"Selamat Datang di Jakarta, kepada anak-anak muda delegasi Youth 20 Summit (Konferensi Tingkat Tinggi Y20). Sebuah kehormatan bagi Jakarta dan Bandung, Indonesia untuk menjadi tuan rumah KTT Y20," ujar Anies dikutip akun Instagram resminya.


Tema G20 kali ini adalah: “Recover Together, Recover Stronger”, Y20 akan membahas tentang resiliensi dan pembangunan kembali: “From Recovery to Resilience: Rebuilding the Youth Agenda Beyond Covid-19”.


Anies menyebut bahwa Y20 memainkan peran penting dalam proses G20. Kaum muda untuk menjadi mitra pemerintah dalam bekerja untuk mengembangkan sikap kolaboratif dan tindakan kolektif antara para pemimpin negara-negara G20 dan mitra internasional lainnya, untuk bergerak menuju pemulihan yang lebih inklusif dan berkelanjutan dari pandemi.


"Kami percaya KTT Y20 ini akan terus mengajak kaum muda untuk mengangkat suara mereka, berkolaborasi dan menyampaikan rekomendasi tentang isu-isu krusial: ketenagakerjaan muda, planet yang berkelanjutan dan layak huni, transformasi digital, serta keragaman dan inklusi kepada Pemerintah Indonesia sebagai Presiden G20," kata Anies.


KTT Y20 juga menjadi kesempatan bagi para delegasi dan pengamat untuk membentuk koalisi guna mengatasi tantangan yang dialami negara-negara yang mengalami krisis pandemi. [Democrazy/FIN]