Soroti Klaim Jokowi Soal Misi Perdamaian Ukraina-Rusia, Jerry Masie: Cari Sensasi Politik Internasional! | DEMOCRAZY News | Indonesian Political News

Breaking

logo

03 Juli 2022

Soroti Klaim Jokowi Soal Misi Perdamaian Ukraina-Rusia, Jerry Masie: Cari Sensasi Politik Internasional!

Soroti Klaim Jokowi Soal Misi Perdamaian Ukraina-Rusia, Jerry Masie: Cari Sensasi Politik Internasional!

Soroti Klaim Jokowi Soal Misi Perdamaian Ukraina-Rusia, Jerry Masie: Cari Sensasi Politik Internasional!

DEMOCRAZY.ID - Kunjungan Presiden Jokowi ke Rusia serta Ukraina dalam rangka misi perdamaian terus menjadi topik perbincangan masyarakat. 


Jerry Massie selaku Direktur Political dan Public Studies (P3S) berpendapat apa yang dilakukan oleh Jokowi terkait menjadi juru damai antara Rusia dan Ukraina adalah sebuah tindakan cari sensasi belaka. 


“Saya pikir Jokowi seharusnya lebih baik datang ke Papua ketimbang mencari sensasi politik internasional ke Rusia dan Ukraina,” kata Jerry Massie, Minggu 3 Juli 2022.


Lebih lanjut lagi, Jerry Massie mengatakan bahwa percuma Jokowi berkunjung ke Rusia dan Ukraina untuk menjadi juru damai antara dua negara tersebut. 


Karena diketahui bahwa pasukan militer Rusia hingga saat ini masih terus-menerus menyerang Ukraina.


“Saya kira tak ada manfaat Jokowi ke Ukraina dan Rusia. Awalnya ingin jadi pahlawan perdamaian tapi buntutnya Rusia membombardir Ukraina,” ujar Jerry Massie. 


Jerry Massie juga membahas soal tidak adanya media dari Negara Barat yang membahas tentang kedatangan Jokowi di Rusia serta Ukraina. 


“Tragis melihat pemberitaan di daily mirror, Guardian, ABC, CBS, BBC, New York Times, DW,  Washington Post sampai Reuters tak satu pun meliput. Hanya media kita yang hebohnya minta ampun,” ungkap Jerry Massie.


“Ini kali kedua secara bersamaan Jokowi berkunjung ke luar negeri tapi hasilnya nihil,” ulas Jerry Massie. 


Sebagai informasi, Serhii Nikiforov selaku Sekretaris Pers Kantor Kepresidenan Ukraina telah membantah isu Jokowi yang jadi pembawa pesan Zelensky kepada Presiden Rusia, Vladimir Putin. 


Menurut Serhii Nikiforov, jika Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky ingin menyampaikan pesan untuk Putin, maka akan dilakukan secara langsung didepan publik lewat sebuah pidato harian. 


Serhii Nikiforov juga mengatakan bahwa topik utama yang dibahas dalam pertemuan antara Jokowi dan Zelensky adalah masalah blokade pelabuhan Ukraina. 


“Indonesia adalah salah satu pengimpor biji-bijian terbesar dari Ukraina, dan blokade pelabuhan-pelabuhan Ukraina adalah fokus utama pembicaraan antara kedua presiden (Indonesia dan Ukraina) di Kyiv,” papar Serhii Nikiforov, Minggu 3 Juli 2022. 


Selain itu, Serhii Nikiforov menegaskan kepada Jokowi bahwa Rusia yang menjadi penyebab terganggunya ekspor biji-bijian.


“Inilah yang dibicarakan secara rinci dengan Joko Widodo,” ulas Serhii Nikiforov. 


Disisi lain, juru bicara Istana Kremlin, Dmitry Peskov menjelaskan tidak terdapat pesan tertulis yang disampaikan Jokowi dari Zelensky terkait perang Rusia dan Ukraina. 


“Itu bukan pesan tertulis. Hanya itu yang bisa saya katakan kepada Anda,” imbuh Dmitry Peskov. [Democrazy]