Breaking

logo

11 Juli 2022

PAN Akhirnya Buka Suara Soal Viral Mendag Zulhas Bagi Migor Gratis Asal Rakyat Pilih Anaknya di Pilkada

PAN Akhirnya Buka Suara Soal Viral Mendag Zulhas Bagi Migor Gratis Asal Rakyat Pilih Anaknya di Pilkada

PAN Akhirnya Buka Suara Soal Viral Mendag Zulhas Bagi Migor Gratis Asal Rakyat Pilih Anaknya di Pilkada

DEMOCRAZY.ID - Video Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Mendag Zulhas membagikan minyak goreng (migor) gratis dan meminta anaknya, Futri Zulya Savitri, dipilih saat pemilu menjadi kontroversi. 


PAN, partai yang dipimpin Zulhas, meluruskan konteks acara bagi-bagi minyak goreng gratis itu.


Video viral yang dimaksud menampilkan Zulhas bersama putrinya, Futri, hadir dalam suatu acara. Zulhas menyampaikan sambutan di hadapan ibu-ibu yang hadir dalam acara tersebut. 


Zulhas berinteraksi dengan ibu-ibu dan menanyakan program minyak goreng murah di eranya sebagai Mendag, Minyakita.


"Ibu-ibu di sini katanya ada Minyakita, murah ya? Disuruh beli berapa?" kata Zulhas dalam video tersebut seperti dilihat Senin (11/7/2022).


Ibu-ibu yang ditanya Zulhas menyebut mereka boleh membeli 2 liter Minyakita dengan harga Rp 10 ribu. 


Zulhas kemudian meminta ibu-ibu menyimpan saja uang Rp 10 ribu itu karena 2 liter Minyakita bakal dibayarkan Futri.


"Sepuluh ribu dapatnya? Dua liter. Uang 10 ribu sudah bawa? Uangnya dikantongin. 10 ribu yang nanggung Futri. Tuh Futri. Kasih uangnya, kasih, kasih tuh sama tuan rumah," ujar Zulhas.


Selanjutnya, Zulhas meminta ibu-ibu yang diberi 2 liter Minyakita gratis untuk memilih Futri. Ibu-ibu yang hadir terdengar mengiyakan Zulhas. 


"Tapi nanti milih Futri ya, oke? Kalau milih Futri ntar 2 bulan ada deh ginian," ujar Zulhas dijawab 'oke' oleh ibu-ibu yang hadir.


Pengunggah video ini mengaku heran karena Zulhas, sebagai Mendag, mempromosikan anaknya agar dipilih dengan program sendiri yakni Minyakita.


Penjelasan PAN


PAN meluruskan konteks video tersebut. Juru bicara PAN Viva Yoga Mauladi menyebut acara yang dihadiri Zulhas dan Futri merupakan acara partai. Itu adalah acara PANsar murah di Lampung pada Sabtu (9/7/2022).


"Acara itu hari Sabtu, di mana para pegawai ASN di pemerintahan libur. Acara itu bukan acara pemerintahan, tetapi acara partai," kata Viva.


Viva menyebut Zulhas saat itu hadir bukan sebagai Mendag. 


Futri, katanya, hadir dalam kapasitas sebagai calon legislatif PAN daerah pemilihan (Dapil) Lampung I.


"Bang Zulkifli Hasan hadir selaku Ketua Umum PAN meninjau acara PAN, yaitu PANsar Murah. Di acara itu, Futri, putrinya hadir selaku pengurus DPP PAN dan calon legislatif PAN dapil Lampung 1," kata Viva.


Viva menyebut minyak goreng yang dibagikan gratis kepada ibu-ibu juga dibeli dengan uang pribadi. Menurutnya, Futri hanya ingin membantu ibu-ibu di dapilnya.


"Minyak curah kemasan itu beli, tidak gratis. Dan dibagikan oleh Futri di daerah pemilihannya. Hal ini tentu sikap yang baik karena dapat memberi manfaat bagi ibu-ibu di dapilnya," kata Viva. [Democrazy]