HUKUM KRIMINAL

MURKA! Keluarga Brigadir J: Dimana Suaramu Ricki dan Richard? Tolong Katakan Yang Sejujurnya!

DEMOCRAZY.ID
Maret 12, 2024
0 Komentar
Beranda
HUKUM
KRIMINAL
MURKA! Keluarga Brigadir J: Dimana Suaramu Ricki dan Richard? Tolong Katakan Yang Sejujurnya!

MURKA! Keluarga Brigadir J: Dimana Suaramu Ricki dan Richard? Tolong Katakan Yang Sejujurnya!

DEMOCRAZY.ID - Satu per satu bukti terkait adanya kejanggalan dalam kasus tewasnya Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, terus diungkap oleh pihak keluarga. 


Yang terbaru, keluarga mengungkap bahwa pada 9 Juli 2022 lalu, ada anggota Propam Polri yang mengaku diberitahu oleh seseorang soal kronologis kejadian di rumah dinas Irjen Pol Ferdy Sambo di Kompleks Polri kawasan Duren Tiga pada Jumat, 8 Juli 2022 lalu.


Dalam tayangan video yang diunggah akun Facebook Roslin Emika, Pemeriksa Utama Divisi Propam Polri Kombes Pol Leonardo Simatupang menyebut nama Richard atau Ricki yang terlibat baku tembak dengan Brigadir J. 


Diketahui, nama lengkap Bharada E adalah Richard Eliezer Pudihang Lumiu. Polisi asal Manado itu, sehari-hari akrab disapa Ricky. 


Kabarnya, saat ini Bharada E diamankan di Polda Metro Jaya. Namun, statusnya tidak jelas.  


Informasi kronologis itu disampaikan Leonardo Simatupang saat mengantarkan jenazah Brigadir J ke rumah duka di Muaro Jambi pada Sabtu 9 Juli 2022 lalu.


Roslin Emika yang mengunggah video tersebut mempertanyakan sosok Richard dan Ricky ini. 


"Dimana suaramu Riki dan Ricard tolong katakan yang sejujurnya. Siapakah dia???" tulis Roslin Emika seperti dikutip pada Senin, 25 Juli 2022. 


Dalam video tersebut, ayah Brigadir J,  Samuel Hutabarat meminta penjelasan langsung mengenai kronologi kejadian yang menewaskan anaknya tersebut.


"Saya meminta bapak-bapak yang dari Jakarta menjelaskan kepada kami kronologis peristiwanya," ujar Samuel.


Awalnya, Leonardo mengatakan agak sulit menjelaskan secara terbuka di hadapan banyak orang. 


"Baik. Kalau memang bapak menginginkan akan kami sampaikan. Tapi kami memang agak sedikit bagaimana gitu menyampaikan ini di depan banyak orang terkait kronologis fakta kejadian. 


Seperti yang disampaikan kepada Reza dan saya. Bahwa di TKP itu ada teriakan. Panggil Ricky ehh Richard tolong. Dan Ricky Richard pertama datang turun ke bawah tangga. 


Ketemu sama almarhum yang keluar dari kamar dengan menenteng senjata. Ada apa bang, begitu pertanyaannya. Dan almarhum langsung mengacungkan senjata. Kebetulan si Richard ini memegang senjata juga. 


Begitu ditembak dia langsung mengelak dan terjadilah tembak menembak. Itu yang kami dengar untuk kronologis fakta sementara di TKP. Dan dari Polres Jakarta Selatan datang dan dokter untuk dilakukan otopsi. Itulah kronologis awal di TKP," jelas Leonardo dalam tayangan video tersebut. 


Mendengar penjelasan itu, Samuel Hutabarat tampak penasaran. Dia pun kembali bertanya kepada Leonardo.  


"Ibu Sambo itu yang menjerit minta tolong itu," tanya Samuel. "Iya ibu Putri. Saya tidak tahu Ibu Sambo atau siapa. Tapi Ibu Putri seperti itu. Karena saya tidak berkompeten untuk menyampaikan itu siapa.  Tapi, itulah yang sama seperti disampaikan kepada Reza dan saya," tutur Leonardo lagi.


Menurut Leonardo, untuk selanjutnya masih dalam proses pemeriksaan. 


Karena yang orang yang diduga melakukan tindakan tersebut sudah dalam pengamanan dan proses pemeriksaan. 


"Untuk jenazah sudah diketahui juga sama adik kita Reza, bahwa sudah dilakukan otopsi. Dan otopsi itu sudah berlangsung selama beberapa jam. Dan hasilnya sudah ada di tim kedokteran. Jadi bagaimanapun hasilnya, kalau keluarga masih kurang yakin, bisa datang ke Jakarta. 


Kadiv Propam juga sudah menyampaikan. Yang penting bagaimana adik kita ini diberangkatkan dengan baik ke tempat peristirahatan terakhir. Kita semua berduka. Kami juga berduka. Semua proses sudah dilakukan. Dan sudah diamankan yang diduga pelaku penembakan," papar Leonardo. 



Sumber: FIN

Penulis blog