Breaking

logo

13 Juli 2022

Lagi! PCNU Gresik Tolak Acara Ceramah Ustadz Hanan Attaki: Dia Eks HTI!

Lagi! PCNU Gresik Tolak Acara Ceramah Ustadz Hanan Attaki: Dia Eks HTI!

Lagi! PCNU Gresik Tolak Acara Ceramah Ustadz Hanan Attaki: Dia Eks HTI!

DEMOCRAZY.ID - Rencana Ustaz Hanan Attaki berceramah dalam Konser Langit di Masjid AgungMaulana Malik Ibrahim, Gresik terancam batal. 


Pengurus Cabang Nadhlatul Ulama (PCNU) Gresik keberatan Hanan Attaki dakwah di masjid itu karena menyinyalir pendakwah milenial itu eks anggota Hitzbut Tahrir Indonesia (HTI).


"Informasi yang kami terima, memang benar penceramahnya Ustaz Hanan Attaki. Penceramah itu disinyalir eks anggota HTI. Ini bukan men-justice dia eks anggota HTI," kata Sekertaris PCNU Gresik Mohammad Syifaul Fuad dikonfirmasi detikJatim via telepon, Senin (11/7/2022).


Syifa menjelaskan, PCNU tidak bisa memastikan jika Hanan Attaki mantan anggota HTI atau bukan. 


Sebab, PCNU sendiri tidak tahu struktur organisasi yang kini sudah dilarang itu. 


Namun, penilaian PCNU terhadap Hanan Attaki disinyalir eks anggota HTI berdasarkan jejak digital yang beredar luas.


"Kalau memastikan mantan anggota HTI atau bukan kami tidak bisa, karena kami tidak tahu strukturnya. Tapi dari jejak digital kan bisa kita lihat. Salah satunya ustaz itu menyebut jika Rasulullah pernah tersesat," kata Syifa.


Untuk itu, kata Syifa, PCNU melalui Lembaga Takmir Masjid Gresik (LTMG) mengirim surat keberatan kegiatan dakwah yang ditujukan kepada Bupati Gresik.


Dikeluarkannya surat itu setelah PCNU Gresik melihat poster di media sosial tentang rencana kegiatan dakwah yang dipusatkan di Masjid Agung Gresik dengan foto Hanan Attaki sebagai pembicara.


Acara itu rencananya akan di gelar Sabtu (30/7/2022) mendatang.


"Setelah melihat poster kegiatan itu, kemarin lembaga masjid NU sudah mengirim surat keberatan kepada Bupati. Kami berharap agar panitia mencari penceramah atau narasumber yang agamis, yang religus, dan dekat dengan kearifan lokal," kata Syifa.


PCNU Lembaga Takmir Masjid Gresik juga menyesalkan jika Masjid Agung yang merupakan aset pemerintah menjadi lokasi kegiatan itu. 


Terlebih penceramahnya disinyalir eks anggota HTI. Surat itu merupakan aspirasi dari suara tokoh agama dan tokoh masyarakat Gresik.


"Kalau penceramah Eks HTI, kan, berat. Apalagi ditempatkan di Masjid Agung yang notabene milik Pemkab Gresik. Intinya kami keberatan lah, kalau bisa nggak usah mengundang ustaz itu," tegas Syifa.


Sementara itu, perwakilan penyelenggara kegiatan dakwah Hanan Attaki Affandy masih menunggu keputusan bupati untuk lanjut tidaknya kegiatan Konser Langit. 


Ia mengaku heran sebab pada Juni kemarin Ustaz Hanan Attaki sempat mengisi kajian di Masjid Agung Gresik.


"Ribuan jamaah atau peserta antusias menyambut Ustaz Hanan Attaki kala itu. Bahkan pengurus Takmir Masjid Agung juga menyambut hangat. Tapi kami tunggu keputusan bupati, nanti saya kabari jika keputusan sudah keluar," katanya singkat. [Democrazy]