Breaking

logo

01 Juli 2022

Jokowi di Depan Putin: Saya Siap Jadi Jembatan Perdamaian Rusia dan Ukraina

Jokowi di Depan Putin: Saya Siap Jadi Jembatan Perdamaian Rusia dan Ukraina

Jokowi di Depan Putin: Saya Siap Jadi Jembatan Perdamaian Rusia dan Ukraina

DEMOCRAZY.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, dirinya sudah menyampaikan pesan Presiden Ukrania Volodymyr Zelensky kepada Presiden Rusia Vladimir Putin.


Presiden Jokowi juga menyatakan siap menjadi jembatan untuk mengakhiri konflik Rusia dan Ukraina.


Itu disampaikan Jokowi dalam keterangan pers usai bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremil, Moskow, Kamis (30/6/2022).


“Saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara kedua pemimpin tersebut,” ucap Jokowi.


Diakui Jokowi, konflik Rusia dan Ukraina saat ini masih cukup sulit untuk mencapai titik akhir.


“Namun saya tetap menyampaikan bahwa penyelesaian damai penting untuk terus dikedepankan dan ruang-ruang dialog terus bisa dibuka,” tutur Jokowi.


Pada pertemuan tersebut, Jokowi dan Putin juga membahas mengenai pangan dan pupuk dunia.


Pesiden mengatakan kepada Putin bahwa pasokan pangan dan pupuk di negara berkembang terganggu akibat perang Rusia-Ukraina.


Usai mendengar pemaparan Jokowi, Putin lantas memberikan jaminan mengenai keamanan pasokan pangan dan pupuk dari Rusia dan Ukraina.


“Saya sangat menghargai Presiden Putin yang tadi menyampaikan bahwa (akan) memberikan jaminan keamanan untuk pasokan pangan dan pupuk baik dari Rusia maupun dari Ukraina. Ini sebuah berita yang baik,” kata Jokowi.


Presiden Jokowi juga menyatakan dukungan upaya PBB untuk reintegrasi komoditi pangan dan pupuk Rusia serta komoditi pangan Ukraina untuk masuk lagi dalam rantai pasok dunia.


“Dan khusus untuk jalur ekspor produk pangan Ukraina terutama melalui jalur laut tadi, sekali lagi, Presiden Putin juga memberikan jaminannya,” tandas Presiden Jokowi. [Democrazy/pojoksatu]