Breaking

logo

31 Juli 2022

Irjen Ferdy Sambo Tak Bareng Istri Saat Pulang ke Jakarta, Naik Pesawat, Didampingi 1 Ajudan

Irjen Ferdy Sambo Tak Bareng Istri Saat Pulang ke Jakarta, Naik Pesawat, Didampingi 1 Ajudan
Irjen Ferdy Sambo Tak Bareng Istri Saat Pulang ke Jakarta, Naik Pesawat, Didampingi 1 Ajudan

DEMOCRAZY.ID - Fakta baru soal kasus penembakan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, Irjen Ferdy Sambo ternyata tak pulang ke Jakarta bersama rombongan sang istri.


Seperti diketahui, sebelum terjadi insiden penembakan di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo, Jumat (8/7/2022), rombongan sang istri, termasuk Brigadir J dan Bharada E, baru saja pulang dari Magelang, Jawa Tengah.


Menurut rekaman CCTV yang dilihat Komisi Nasional Hak Asasi dan Manusia (Komnas HAM), Irjen Ferdy Sambo tiba lebih dulu di rumah pribadinya yang satu komplek dengan rumah dinas, di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan.


Setelahnya, sekitar pukul 16.00 WIB rombongan istri Irjen Ferdy Sambo tiba.


"Rombongan ini ada dua, pertama rombongan ibu P dua mobil, warna hitam, ada mobil Patwal (mengawal) di depannya, (berangkat) dari Magelang sekitar jam 10.00 lewat, sampai di Jakarta di rumahnya sekitar 16.00 lewat."


"Sebelum mereka (rombongan Ibu P) sampai di rumah pribadi Pak Sambo, kelihatan dari CCTV Pak Sambo masuk ke dalam rumah pribadi didampingi satu ADC-nya (aide de camp atau ajudan."


"Baru kemudian, jam 16.00 lewat datang ibu dengan rombongan ADC, asisten rumah tangga (ART), dll itu," urai Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik, dalam tayangan YouTube metrotvnews, Minggu (31/7/2022).


Lebih lanjut, Taufan mengungkapkan Irjen Ferdy Sambo pulang ke Jakarta hanya bersama satu orang ajudannya.


Tak hanya itu, Irjen Ferdy Sambo juga berangkat dari Jogja menggunakan pesawat, tidak bersama rombongan istrinya,


"Dari informasi yang kami dapatkan, Pak Sambo ini dari Jogja, naik pesawat. Jadi berbeda dengan rombongan ibu P ini," ungkapnya.


"Ini mengklarifikasi pemberitaan yang mengatakan seolah-olah mereka (Ferdy Sambo, istri, Brigadir J, dan Bharada E) bersama-sama."


"Di dua mobil itu (rombongan istri Ferdy Sambo dari Magelang) tidak ada Pak Ferdy Sambo. Dia dari kota yang berbeda, naik pesawat, didampingi satu ADC-nya," tegas Taufan.


Kendati demikian, dalam rekaman CCTV lainnya, terlihat istri Irjen Ferdy Sambo, Brigadir J, dan Bharada E memang melakukan tes PCR setibanya mereka di Jakarta.


Taufan mengatakan, Brigadir J adalah orang paling terakhir yang melakukan PCR, tepat setelah Bharada E.


"Dalam CCTV itu, yang melakukan PCR adalah ibu P, ART-nya, ada satu lagi asisten orang situ, Brigadir J paling terakhir, sebelumnya ada Bharada E, dan satu lagi ADC namanya Riki," kata Taufan.


Seusai melakukan PCR, istri Irjen Ferdy Sambo pergi ke rumah dinas.


Sementara, Irjen Ferdy Sambo keluar menaiki mobil dan pergi ke arah berbeda.


"Nah, setelah PCR itu ibu masuk ke kamar lagi bersiap-siap, kemudian mereka bersama-sama pergi ke rumah dinas."


"Setelah beberapa lama mereka ke rumah dinas, terlihat Pak Ferdy Sambo keluar dari kamarnya menuju mobil, didampingi satu ADC dan mobil Patwal, bergerak ke arah yang berbeda, bukan ke rumah dinas," tutur Taufan.


Namun, Irjen Ferdy Sambo langsung berbalik arah menuju rumah dinas ketika mendapat kabar terjadi insiden penembakan. [Democrazy]