POLITIK

Cerita Awal Kenal Jokowi, Rizal Ramli: Dia Bilang Pengagum Saya

DEMOCRAZY.ID
Juli 10, 2022
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Cerita Awal Kenal Jokowi, Rizal Ramli: Dia Bilang Pengagum Saya

Cerita Awal Kenal Jokowi, Rizal Ramli: Dia Bilang Pengagum Saya

DEMOCRAZY.ID - Ekonom Senior, Rizal Ramli menceritakan awal mula dirinya mengenal Jokowi kala sang kepala negara itu masih mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta. 


Adapun cerita awal kenal Rizal Ramli dengan Jokowi itu ia sampaikan lewat Podcast yang tayang di kanal YouTube Unpacking Indonesia, seperti dilihat pada Minggu 10 Juli 2022. 


Dalam video berjudul ‘Jokowi Dikelilingi Sisa Jenderal Orde Baru: Rizal Ramli’ itu, tampak Rizal Ramli menyebut bahwa dirinya diperkenalkan dengan Jokowi oleh Taufik.


“Saya ama Jokowi yang memperkenalkan kita tuh bang Taufik. Waktu mas Jokowi jadi calon gubernur,” ujar Rizal Ramli. 


Rizal pun mengutip pernyataan Jokowi kala itu dimana mantan Wali Kota Solo itu mengaku sebagai pengagum dirinya.


“Langsung Jokowi pakai gaya Solo, ‘saya itu pengagum mas Rizal, mas Rizal mah gak kenal saya, tapi saya kenal mas Rizal’,” tutur mengutip ulang perkataan Jokowi ketika itu. 


Usai pertemuan itu, Rizal Ramli pun menceritakan saat Jokowi telah menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta Jokowi mendatangi kantornya dan makan siang bersama. 


Pada momen itu, kata Rizal, Jokowi mengungkapkan keinginannya agar proyek MRT di Jakarta bisa dimulai.


“Kemudian waktu dia jadi gubernur, dia datang ke kantor saya, kita makan siang. Dia cerita, dia tuh kepengen banget proyek MRT dimulai. Tapi kemahalan, ini harus negosiasi sama Jepang,” ungkapnya. 


Menindaklanjuti keinginan Jokowi itu, lanjut Rizal, ia lantas berbicara kepada Direktur JICA Tanaka San yang membiayai semua proyek Jepang di seluruh dunia. 


“Dua minggu kemudian saya memang harus ke New York, salah satu anggota dewan panel PBB itu Tanaka San, dia itu Direktur JICA, yang membiayai semua proyek Jepang di seluruh dunia,” kata Rizal. 


Kepada Tanaka, menurut Rizal, ia meminta JICA untuk mengirim tim ke Jakarta guna menegosiasi ulang biaya pembangunan MRT itu agar lebih murah. 


“Saya bilang ke Tanaka, you gak bener, gak bakal jalan tuh MRT di Jakarta, wong terlalu mahal. Kirim tim ke Jakarta, negosiasikan supaya biayanya lebih murah. Dia langsung setuju, ‘Dr Ramli i’ll send tim ti negotiate to Jakarta next week’,” bebernya. 


Setelah ketemu Tanaka, Rizal Ramli langsung menelpon Jokowi dan mengatakan bahwa Jokowi beruntung lantaran hanya berselang dua minggu ia meminta tolong kepada Rizal, keinginannya membangun MRT itu pun lantas jadi. 


“Saya dari New York langsung telpon Jokowi, mas sampeyan itu hoki banget, baru minta tolong sama saya, kurang dari 2 minggu ini barang udah jadi,” ujarnya. [Democrazy/terkini]

Penulis blog