Breaking

logo

25 Juni 2022

Menpora Beri Izin Timnas Israel Ikut Piala Dunia U-20 di Indonesia

Menpora Beri Izin Timnas Israel Ikut Piala Dunia U-20 di Indonesia

Menpora Beri Izin Timnas Israel Ikut Piala Dunia U-20 di Indonesia

DEMOCRAZY.ID - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengizinkan Timnas Israel boleh berlaga di Piala Dunia U-20 2023 yang dilangsungkan di Tanah Air.


Untuk diketahui, Indonesia resmi ditunjuk oleh FIFA selaku badan tertinggi sepakbola dunia sebagai tuan rumah perhelatan Piala Dunia U-20.


Tentu saja hal itu sangat membanggakan bagi negeri ini melihat aura sepakbola di Indonesia sangat tinggi.


Berbagai persiapan juga telah mulai direncanakan, khususnya permasalahan stadion. Baik Menpora maupun PSSI sudah melakukan inspeksi ke berbagai stadion di Indonesia.


Dengan menjadi tuan rumah, Indonesia pastinya sudah mengamankan satu tiket. 23 tiket sisanya akan didistribusikan di berbagai regional seperti Afrika, Asia, Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Oceania.


Saat ini, baru empat tim yang sudah resmi bermain di Piala Dunia U-20 2023 antara lain, Indonesia, Perancis, Italia, dan Inggris.


Saat ini, tengah berlangsung kualifikasi di setiap regional. Meskipun dari sekian banyak negara yang sedang mengikuti kualifikasi, terdapat satu negara yang dilirik oleh Indonesia yaitu Zionis Israel.


Sebagai informasi, hubungan diplomatis antara Indonesia dan Israel tidak berjalan dengan baik.


Hal itu disebabkan Indonesia menganggap bahwa Zionis Israel merupakan musuh bersama umat Islam di mana mereka melakukan serangan kepada saudaranya, Palestina.


Israel sendiri memang berpeluang untuk lolos ke Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. 


Hal tersebut tentu memunculkan banyak kritikan dari warganet Indonesia yang menolak kehadiran Israel di negeri ini.


Namun demikian, ketua Menpora, Zainudin Amali, berpendapat sebaliknya.


Menpora menganggap bahwa semua negara yang lolos akan diterima dengan baik di Indonesia. Menurutnya, sepak bola seharusnya terbebas dari isu politik.


“Sudah kita bahas dari 2019, semua negara yang lolos jadi peserta Piala Dunia U-20 2023 akan dipersilakan main. Jadikan olahraga itu tidak ada urusan dengan politik,” tegas Menpora.


“Karena itu FIFA sudah menyampaikan pada kita siapa pun negara yang lolos itu harus bisa main di sini. Jadi tidak ada masalah,” tuutrnya menegaskan.


Menpora juga memastikan pihaknya juga siap memberikan pengamanan yang ketat untuk Israel saat berada di Indonesia.


“Pasti pihak keamanan kita akan bisa memberikan rasa aman. Ini hal yang perlu diperhatikan,” tandasnya. [Democrazy]