Breaking

logo

01 Juni 2022

Jokowi Dapat Gelar 'Mosalaki Ulu Beu Eko Bewa' dari Masyarakat Ende, Apa Tuh Artinya?

Jokowi Dapat Gelar 'Mosalaki Ulu Beu Eko Bewa' dari Masyarakat Ende, Apa Tuh Artinya?

Jokowi Dapat Gelar 'Mosalaki Ulu Beu Eko Bewa' dari Masyarakat Ende, Apa Tuh Artinya?

DEMOCRAZY.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima gelar adat dari masyarakat Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (1/6/2022).


Adapun gelar dari masyarakar Ende yang diberikan kepada Jokowi yaitu 'Mosalaki Ulu Beu Eko Bewa' yang memiliki makna pemimpin wilayah seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke.


Setelah itu, Jokowi bersama Ibu Negara Iriana juga menyempatkan diri melihat dan menyapa pengrajin tenun yang sedang bertenun.


Jokowi pun menyampaikan apresiasinya atas sambutan yang hangat yang telah diberikan masyarakat NTT, khususnya masyarakat Ende, dalam kunjungannya kali ini.


"Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat NTT, khususnya masyarakat Ende, yang telah menerima saya, Bu Iriana, dan seluruh rombongan sejak awal datang sampai sekarang diterima dengan penuh kehangatan," ucap Jokowi.


Jokowi meyakini kehangatan yang dimiliki masyarakat Ende juga pernah dirasakan Bung Karno sehingga dapat melahirkan pemikiran dan renungan-renungan tentang Pancasila.


"Inilah yang menurut saya kenapa Bung Karno memiliki pemikiran dan renungan-renungan mengenai Pancasila yang dimulai dari Ende. Karena saya merasa beliau berada dalam sebuah kehangatan masyarakat yang selalu dekat dengan pemimpinnya," kata Jokowi.


Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam acara tersebut adalah Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Laiskodat, serta Bupati Ende Djafar Achmad. [Democrazy/era]