Breaking

logo

07 Juni 2022

Edy Rahmayadi: Kalau Jadi Putin, Sudah 3 Tahun Lalu Ukraina Saya Serang!

Edy Rahmayadi: Kalau Jadi Putin, Sudah 3 Tahun Lalu Ukraina Saya Serang!

Edy Rahmayadi: Kalau Jadi Putin, Sudah 3 Tahun Lalu Ukraina Saya Serang!

DEMOCRAZY.ID - Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyebut jika ia menjadi Presiden Rusia, maka ia akan menyerang Ukraina sejak tiga tahun lalu.


Ucapan itu dilontarkan Edy saat menjadi pembicara kunci dalam webinar yang diselenggarakan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Senin (6/6).


"Saya ditanya itu sama wartawan 'Bagaimana menurut bapak pengaruh ekonomi dengan diserangnya Ukraina oleh Putin?' Saya katakan kalau saya yang Putin, sudah tiga tahun yang lalu Ukraina itu saya serang. Ada negara kecil yang mengganggu stabilitas, negara kecil yang mengatur segala macam," ujar Edy seperti yang dilihat dalam video di YouTube BI Sumut.


Ia kemudian melanjutkan menjelaskan pengaruh perang antara Rusia dan Ukraina. 


Menurut Edy, Sumatera Utara hanya mendapat pengaruh kecil dari perang itu.


"Pengaruhnya kecil, migas dari Rusia, minyak dari Rusia, tak juga (pengaruh). Kita jual minyak kok. Di Sumatera Utara ini ada kok tambang minyak, kita juga belum pakai kok itu," lanjut Edy.


Dalam kesempatan itu, Edy awalnya menjelaskan soal kondisi perekonomian di Sumatera Utara. 


Mantan Pangkostrad itu menyebut perang di Ukraina memiliki andil dalam situasi ekonomi dalam negeri.


"Dari -2,17 kita bergerak menjadi 2,16, sekarang sudah 3,90 pertumbuhan ekonomi, khususnya Sumatera Utara ini. Harusnya yang rata-rata kita sebelum ini 5,12 persen pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara ini, kenapa kok begini. Pengaruhnya Ukraina itu ada lah pengaruhnya sedikit lah," tutur Edy. [Democrazy/kumparan]