-->

Breaking

logo

15 Mei 2022

Terkuak! Ternyata Ini Sosok Pembuat Meme Anies Baswedan Pakai Koteka Papua

Terkuak! Ternyata Ini Sosok Pembuat Meme Anies Baswedan Pakai Koteka Papua

Terkuak! Ternyata Ini Sosok Pembuat Meme Anies Baswedan Pakai Koteka Papua

DEMOCRAZY.ID - Akhirnya terungkap siapa otak meme Anies pakai koteka yang viral belakangan ini usai Ruhut Sitompul mengunggah postingan meme Anies itu.


Ruhut bukan otak meme Anies tersebut lho. Siapa otak meme Anies itu, ternyata sosok ya adalah orang terkenal dalam edit foto gitu. 


Terkonfirmasi lho, siapa otak meme Anies koteka itu, dia adalah seniman digital, Agan Harahap.


Otak Meme Anies Koteka Posting Meme Ahok SPBU


Sobat pernah dengar nama Agan Harahap? Banyak karyanya yang viral lho, selain meme Anies dengan koteka, salah satu postingan Agan yang populer adalah foto Ahok diedit dengan badan mengenakan seragam SPBU.


Nah balik lagi soal siapa yang membuat meme Anies pakai koteka ternyata seniman digital gitu. 


Dan posting meme Anies berkoteka itu sudah bertahun-tahun lalu lho.


Jadi dilacak dari akun Instagram @aganharahap, meme Anies dengan bodi tubuh pakai koteka milik Suku Adat Papua diunggah lima tahun lalu, tepatnya 17 Oktober 2017.


Terkuak! Ternyata Ini Sosok Pembuat Meme Anies Baswedan Pakai Koteka Papua

Hampir lima tahun lalu, Agan di postingan akun Instagramnya soal meme Anies koteka itu, menulis kata-kata dukungan soal pribumi.


"Pro Pribumi!!," tulis akun Agan Harahap dengan menyertakan tagar #bangga #dukung #seratuspersen.


Kalau dilihat konteksnya, meme Anies itu diunggah Agan Harahap sehari setelah Anies dilantik jadi gubernur.


Jadi Anies dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta pada Senin sore hari 16 Oktober 2017 dan langsung menuju Balai Kota untuk penyambutan gubernur baru. Nah dalam pidato kemenangan itu, Anies senggol soal pribumi.


Pidato Anies Soal Pribumi


Sobat masih ingat nggak, pidato kemenangan Anies di Balai Kota Jakarta usai dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara pada 16 Oktober 2022, menyinggung soal keadilan bagi pribumi.


Berikut kutipan pidato Anies soal pribumi


"Jakarta adalah satu dari sedikit tempat di Indonesia yang merasakan hadirnya penjajah dalam kehidupan sehari-hari selama berabad-abad lamanya. Rakyat pribumi ditindas dan dikalahkan oleh kolonialisme. Kini telah merdeka, saatnya kita jadi tuan rumah di negeri sendiri," demikian penggalan pidato Anies 5 tahun lalu.


Anies melanjutkan komitmen keberpihakannya pada warga pribumi dengan perumpamaan.


"Jangan sampai terjadi di Jakarta ini apa yang dituliskan dalam pepatah Madura, "Itikse atellor, ajam se ngeremme." Itik yang bertelur, ayam yang mengerami. Seseorang yang bekerja keras, hasilnya dinikmati orang lain," ujarnya.


Gara-gara singgung pribumi itu, Anies sampai dilaporkan ke polisi, dengan tuduhan rasis. Laporan ke polisi masuk pada bulan yang sama dia dilantik.


Namun Pengadilan Negeri Jakarta Pusat kala itu menolak gugatan yang dilayangkan penggugat soal dugaan rasis dari pidato Anies. 


Meme Anies karyanya 5 tahun lalu viral pada kekinian, Agan Harahap terpantau belum ada komentar maupun klarifikasi lho.


Namun Agan Hararap mengikuti kok polemik postingan Ruhut yang menyertakan meme Anies buatan Agan.


Jadi di IG Story, Agan Harahap mengunggah berita online Ruhut dipolisikan akibat posting meme Anies berkoteka tersebut. [Democrazy/hops]