-->

Breaking

logo

07 Mei 2022

Ruhut Klaim JIS Hasil Kerja Jokowi, Roy Suryo Jelaskan Sejarah Stadion BMW dan JIS

Ruhut Klaim JIS Hasil Kerja Jokowi, Roy Suryo Jelaskan Sejarah Stadion BMW dan JIS

Ruhut Klaim JIS Hasil Kerja Jokowi, Roy Suryo Jelaskan Sejarah Stadion BMW dan JIS

DEMOCRAZY.ID - Pakar Telematika Roy Suryo menjelaskan sejarah stadion JIS (Jakarta International Stadium). 


Menurut mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, JIS memang digagas sejak zaman Gubernur Fauzi Bowo alias Foke tahun 2008. 


Namun, baru bisa dibangun saat Anies Baswedan menjadi Gubernur pada tahun 2019.


Ketika Jokowi, Ahok, hingga Djarot menjabat Gubernur DKI Jakarta JIS belum mulai dibangun, karena terkendala sengketa tanah.


“Agar tidak jadi bahan hoaks buzzerRp, sejarah Stadion JIS (BMW) idenya memang sejak Gubernur Foke tahun 2008. Namun di era-era sesudahnya (Jokowi, Ahok, Djarot) belum bisa dibangun-bangun karena tanah bermasalah, bahkan ada laporan KPK tahun 2014. Baru tanggal 14 Maret 2019 benar-benar dibangun oleh Gubernur Anies. AMBYAR,” tulis Roy Suryo di akun Twitternya, Sabtu (7/5/2022).


Roy Suryo pun menjelaskan perbedaan antara Stadion BMW dan JIS yang belakangan ramai diperbincangkan karena dianggap sama oleh sejumlah masyarakat.


Menurut mantan Politikus Demokrat itu, perbedaan yang paling mencolok dari kedua stadion tersebut terdapat pada jumlah kapasitas penonton dan desain bangunannya.


Stadion BMW (Bersih, Manusiawi, Wibawa) hanya mampu menampung 40 ribu penonton dengan desain bangunan menyerupai lilitan sorban. 


Sementara JIS, memiliki kapasitas penonton hingga 80 ribu orang dengan desain menyerupai ikatan kepala khas Betawi.


“Biar tidak KUDET (KUrang upDET), antara impian Stadion BMW (Bersih, Manusiawi, Wibawa) vs fakta Stadion JIS (Jakarta International Stadium) itu beda bingits. Desain BMW kapasitas 40 rb adalah lilitan sorban, kalau JIS kapasitas 80 rb adalah Ikatan Kepala dengan Gigi Belalang. AMBYAR,” jelas Roy Suryo.


Sebelumnya, politikus PDI Perjuangan Ruhut Sitompul menyebut Jakarta Internasional Stadium adalah gagasan Jokowi dan sudah mulai dikerjakan sejak Jokowi menjabat Gubernur DKI Jakarta.


Menurut dia, semula JIS diberi nama Stadion BMW saat Jokowi mulai merencanakan membangunnya. 


Kemudian, Gubernur Anies Baswedan hanya melanjutkan rencana pembangunan BMW dan hasilnya sekarang JIS.


“Jelas terang benderang yang bangun Gedung Olahraga BMW Pak Joko Widodo Gubernur DKI, eh kadrun gak bener hanya menikmati dan mengaku-ngaku saja kerjaannya malu dong," ujar Ruhut di akun Twitternya, Sabtu (7/5).


Tak hanya itu, Ruhut juga mengeklaim 80 persen sumber dana pembangunan JIS berasal dari Pemerintah Pusat. 


"80 persen dana proyek Pemerintah Pusat Presiden RI ke 7 Bpk Joko Widodo dinamai JIS MERDEKA,” bebernya. [Democrazy/fajar]